Bersekongkol Mengeruk Ore Nikel, Dua Kapal Vessel Berlabuh di Kolut

Alat berat merambat di dinding bukit dan mengeruk tanah yang diduga mengandung ore nikel di Desa Lelewawo, Kolaka Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerukan mineral di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus terjadi. Alat berat terus meraung, truk berdimensi besar mengangkut ore nikel lalu lalang melintasi jalan nasional. Tanah di perbukitan Kecamatan Batu Putih dan Tolala yang mengandung ore nikel terus dikeruk. Penambang perorangan dan perusahaan pemilik IUP bersekongkol menggerus ore nikel di gerbang utara Bumi Patampanua, Kolut.

Aktivitas mereka seakan tak berhenti. Penelusuran Kendari Pos jejak dugaan pelanggaran perusahaan tak sulit ditemukan di Desa Lelewawo, Kecamatan Batu Putih. Terdapat dua hauling (jalan angkut khusus tambang,red) untuk mengangkut ore nikel dari lokasi ke jetty pelabuhan yang melintasi jalan nasional.

Jalur pertama dari arah ibu kota Kolut, Lasusua menjadi lintasan PT.Kasmar Tiar Raya dari IUP yang diduga sudah diputihkan menuju ke jetty. Jalur kedua melewati jalan utama Desa Mosiku dan melintasi jalan nasional menuju jetty. Belum diketahui pasti perusahaan yang beroperasi di sana.

Laman: 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *