Beri Kepercayaan kepada Guru dan Kepsek Membuat Asesmen

Nadiem menjelaskan, agar proses pembelajaran antara guru dan murid berjalan baik di kelas, maka guru harus melalui berbagai tahapan penting untuk mencapai tujuan tersebut. Tahapan itu adalah proses pemikiran, reinterpretasi, penciptaan kurikulum, dan penilaian sendiri (Asesmen). “Kalau guru-guru tidak melewati proses ini, proses pembelajaran di dalam kelas tidak akan terjadi. Ini adalah kuncinya,” ujar Nadiem.

Dia menyadari akan ada pihak-pihak yang merasa khawatir dengan adanya perubahan tersebut. Bahkan meragukan kesiapan dan kompetensi guru, serta sekolah. Atas keraguan itu dia memiliki jawaban tegas. “Jangan meremehkan guru dan kepala sekolah,” ujarnya.

Nadiem mengajak semua pihak untuk memberi kepercayaan serta membantu guru dan kepala sekolah melalui proses tersebut. Bagi yang tidak yakin bahwa guru-guru dan kepala sekolah tidak bisa menciptakan penilaian sendiri, mohon dibantu. “Kalau guru-gurunya tidak melewati proses ini bagaimana murid kita bisa melalui proses pembelajaran,” tutup Nadiem. (jpnn)

Facebooktwittermail

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.