Benteng Keraton di Buton Diusul Jadi Cagar Budaya Nasional – Kendari Pos
Buton

Benteng Keraton di Buton Diusul Jadi Cagar Budaya Nasional

Benteng Keraton Buton sebagai salah satu situs sejarah peninggalan zaman Kesultanan Buton dan tercatat sebagai benteng terluas di dunia dalam Guinness Book of Record dan MURI. Saat ini Pemkot Baubau sedang berupaya agar Benteng Keraton Buton masuk dan menjadi salah satu situ cagar budaya nasional.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus memaksimalkan potensi peninggalan sejarah yang dimiliki untuk lebih mendunia. Yang paling monumental adalah peninggalan sejarah Benteng Keraton Buton. Bangunan ini merupakan benteng terluas di dunia, tercatat dalam Guinness Book of Record dan MURI dengan luas sekitar 23,375 hektar mengelilingi bukit dan pajang sekira 2.740 meter.

Sebagai salah satu peninggalan bersejarah zaman Kesultanan Buton, Benteng keraton akan diusulkan masuk menjadi kawasan cagar budaya nasional. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sedang mengagas segala kelengkapan untuk mendukung usulan tersebut. “Saya sudah tanda tangani untuk penetapan Benteng Keraton yang merupakan benteng terluas di dunia sebagai cagar budaya. Setelah itu akan dikirim ke kemeterian pendidikan,” kata As Tamrin, Wali Kota Naubau saat di temui di rumah jabatannya (Rujab), kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy