ASN Yang Kompeten, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Laman 2 – Kendari Pos
Kolom

ASN Yang Kompeten, Oleh : La Ode Diada Nebansi

Syarat jabatan apa sih? Cerdas, cakap dan produktif atau golongan tinggi? Syaratnya golongan tinggi. Biar bodoh, tumpul ide, miskin kreatifitas, asal golongannya tinggi: itumi.

Lihatlah Komite Aparat Sipil Negara (KASN) yang rata-rata dilaporkan pencopotan jabatan yang penggantinya belum cukup golongan. Atau, dilapori soal mutasi Kadis, Kabag yang belum waktunya. Artinya, di sini ada periode. Biar bloon, kerjanya hanya elus-elus perut sambil tusuk gigi, kalau ia dimutasi dalam masa periodesasinya, KASN tetap melakukan teguran kepada kepala daerah atau pejabat pencopot/pemutasi. Tusuk gigi dan elus perut tak bisa digeser karena aturan, walaupun sang pengganti memiliki kompetensi unggul, kreatif, produktif. Sedaap.

Mestinya, era kini, semua sudah harus berpikir produksi. Jangan hanya dinas PUPR yang diminta produktif dengan project pencetakan sawahnya. Jangan hanya Dinas Pertanian yang diminta produktivitasnya dengan petani. Jangan hanya Dinas Perikanan diminta produktif dengan nelayannya, tapi, BKD pun harus dimintai produktivitas dengan mencatat dan menstabillo pejabat-pejabat yang lembaga dan bagiannya tidak survive sama sekali.

KASN pun mestinya berpikir produktif. Benar, ada assesment dalam rangka uji kompetensi sebelum menjabat, tapi, jika yang kompetensi itu rata-rata batang pisang, rata-rata drum kosong, rata-rata bontiti, artinya kan tak ada pilihan.

Maksudmu? Maksudku, bisakah itu Nadiem Makarim dijadikan Kepala Dinas. Maksudmu? Maksudku, orang-orang sekelas pemikiran Nadiem Makarim bisa dipikirkan untuk dibukakan pintu assesment menuju Kepala Dinas.

Sekali-sekali, cobalah. KASN sekali sekali cobalah tutup mata dengan penempatan seseorang yang dipandang cakap dan produktif. Silahkan evaluasi di akhir tahun anggaran. Misalnya, di sektor dinas-dinas kemakmuran, jika ia sanggup menaikkan produktivitas petani dan nelayan di atas rata-rata capaian Kadis-kadis sebelumnya, ya rekomendasikalah untuk lanjut.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy