AS Tamrin Gagas Buat Perkebunan Holtikultura – Kendari Pos
Bau-bau

AS Tamrin Gagas Buat Perkebunan Holtikultura

KENDARIPOS.CO.ID — Baubau memiliki lahan tidur yang cukup luas. Agar bisa bernilai ekonomis, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan mengubah menjadi perkebunan holtikultura. Saat ini, puluhan sektar lahan tidur akan diolah menjadi lahan pertanian. Apalagi Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberi dukungan.

AS Tamrin

“Kita melihat di Baubau ini banyak lahan masyarakat yang belum ditanami. Istilahnya lahan tidur. Seperti bagian daerah Sorawolio dan Lipu. Ada juga yang berkebun tetapi belum maksimal. Nah, kita inginkan semua lahan itu dimanfaatkan untuk menanam apa saja. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman perkebunan lainnya,” kata AS Tamrin, Wali Kota Baubau saat ditemui di rumah jabatannya, kemarin.

Program tersebut, lanjut Walikota Baubau dua periode itu akan mulai direalisasikan. Ia mengaku telah mengintruksikan kepada bawahanya untuk merancang dan membuat payung hukum untuk mendorong pelaksanaanya di lapangan. “Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Pertanian dan Kabag Hukum untuk membuatkan surat apakah Perwali atau berupa intruksi kepada para lurah untuk pemanfaatan lahan tidur,” terangnya.

Persoalan yang dihadapi dalam program tersebut lanjut Kanjeng Raden Tumenggung AS Tamrin Reksonagoro, berkaitan dengan minat masyarakat dalam bertani. Saat ini masyarakat Baubau lebih memilih bekerja dibidang jasa ketimbang menjadi petani. “Nah, hal inilah yang akan kita perintahkan kepada Dinas Pertanian untuk melakulan penyuluhan yang baik. Segala kebutuhan petani nantinya akan kita topang. Mulai dari bibit, pemberantas hama dan alat-alat pertanian. Saya sudah bicarakan semua itu dengan Kementan,” terangnya.

“Mereka berjanji akan membekap kita dalam berbagai hal misalnya alat-alat pertanian dan bibit. Makanya kemarin kita mendapat penghargaan dari Kementan dalam hal ini Dirjen Perkebunan, tentang komitmen Pemkot Baubau dalam meningkatkan perkebunan,” sambung mantan Ketua Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) itu.

Di temui terpisah, kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Muhamad Rais mengaku siap merealisasikan segala program Walikota Baubau berkaitan dengan pemanfaatkan lahan tidur. Balai Penyuluh Pertanian (BPP) akan dilibatkan langsung dalam program pembangunan perkebunana holtikultura.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy