4 Pegawai Disdukcapil Kendari Terancam Dipecat, Wali Kota : Pelaku Pungli Insyaflah ! – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

4 Pegawai Disdukcapil Kendari Terancam Dipecat, Wali Kota : Pelaku Pungli Insyaflah !

KENDARIPOS.CO.ID — Empat oknum petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari terseret kasus dugaan pungutan liar (pungli). Kabar itu membuat Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir terpukul. Sul-sapaan akran Sulkarnain meminta Tim Saberpungli segera merampungkan pemeriksaan dan mengadili dua ASN dan dua pegawai honorer yang terlibat melanggar aturan. “Kalau terbukti, mereka tidak hanya bisa dicopot dari posisinya. Tapi boleh jadi status ASN juga dicabut. Sekarang aturan ketat, sehari saja dihukum pidana penjara, maka dia sudah tidak bisa lagi menjadi PNS,” ujar Sulkarnain.

Politisi PKS ini berharap agar proses kasus ini segera dituntaskan. Empat oknum pegawai yang terlibat itu, kata dia, juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan alasan mereka. “Kita sudah bicara setiap sambutan agar hindari pungli, tapi ada juga yang dengar dan tidak. Kalau masih ada yang pungli, insyaflah, berhentilah, kembali ke jalan yang benar. Jangan salah gunakan kewenangan. Kalau mau mendapatkan sesuatu, dapatkan dengan cara yang benar,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Pokja Penindakan Tim UPP Saberpungli Kota Kendari, AIPTU Laode Rufani mengatakan kasus ini berawal dari laporan masyarakat tentang adanya praktik pembayaran dalam pengurusan identitas kependudukan. “Masyarakat mengeluhkan bila mengurus sendiri, alasan oknum di Disdcukcapil, blangko habis. Tapi kalau pakai calo, justru cepat jadinya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kendari, Halili mengatakan, oknum pegawai Disdukcapil Kendari yang terindikasi pungli murni tindakan individu, bukan secara struktural. Ia mengimbau supaya tidak melakukan pemungutan, karena sesuai aturan bahwa dokumen kependudukan itu gratis. “Modus mereka dengan menggunakan blangko yang sudah tidak terpakai. Mereka menghapus datanya, dan dimasukan data baru,” bebernya. Mereka telah diberikan sanksi internal berupa teguran dan pembinaan. Namun ia masih menunggu hasil sidang. Ia ingin keempatnya menjadi contoh agar tak ada lagi yang berani melakukan pungli. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy