316 Perusahaan Tambang di Sultra Bandel : Hanya 77 Pemegang IUP Setor RKAB

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kekayaan mineral Sultra benar-benar dihisap ratusan pengusaha tambang. 393 Izin Usaha Pertambangan tercatat di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun hanya sebagian pemegang IUP yang patuh pada aturan main.

Para pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra seperti tak punya taring. Kewajiban berkantor di Sutra diabaikan, syarat memasukan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun 2020 juga enggan dipatuhi para pengusaha. Namun Pemprov Sultra tak bisa memberi sanksi.

Plt.Kepala Dinas ESDM Sultra, Dr. Buhardiman mengatakan masih banyak pemegang IUP yang tidak taat aturan. Sebagai contoh, belum semua perusahaan tambang menyerahkan RKAB tahun 2020.”Dari total 393 IUP yang terdaftar di Dinas ESDM Sultra, baru sekira 77 IUP yang memasukan dokumen RKAB. Artinya masih banyak yang belum menyerahkan RKAB atau sekira 316 IUP,” ujarnya, kemarin.

Padahal, Dinas ESDM Sultra sudah cukup banyak memberikan keringanan. Mulai dari batas waktu yang selalu diperpanjang, hingga upaya jemput bola oleh Dinas ESDM.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *