109 Pejabat di Muna Wajib Lapor LHKPN – Kendari Pos
Muna

109 Pejabat di Muna Wajib Lapor LHKPN

LHKPN

KENDARIPOS.CO.ID — Pejabat pemerintahan di Muna harus benar-benar memproteksi sumber harta kekayaan mulai tahun ini. Bupati Muna LM. Rusman Emba mewajibkan seluruh pejabat birokrasinya rutin menyampaikan laporan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Tak ada istilah promosi jabatan bagi mereka yang tidak menaati perintah tersebut.

Penegasan berlakunya kewajiban LHKPN bagi aparat birokrasi tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati nomor 7 tahun 2019. Aturan itu merupakan turunan dari peraturan KPK RI tahun 2016 tentang pendaftaran, pengumuman dan pemeriksaan harta kekayaan penyelenggara negara. Tahun 2018 lalu wajib lapor LHKPN di Muna hanya meliputi 29 pejabat daerah. Namun kebijakan baru tersebut kini berlaku terhadap 109 pejabat daerah mulai dari Bupati, kepala dinas, kepala bagian dan para camat.

“Pejabat yang tidak taat LHKPN, dipastikan tidak boleh mendapat promosi maupun lelang jabatan,” kata Inspektur La Kuanto, saat membuka sosialisasi dan pendampingan pengisian form LHKPN di Aula Kantor Bupati Muna, Kamis (19/12).

LHKPN kata dia, akan menjadi instrumen bagi pemerintah dalam mengawasi harta kekayaan pejabat daerah. LHKPN juga menjadi salah satu ukuran akuntabilitas pengelolaan keuangan bagi kepala dinas, kepala bagian maupun para camat. Kebijakan itu diambil selain perintah undang-undang, juga menjadi pertanggung jawaban pejabat terhadap masyarakat.

“Akhir tahun saya akan ke KPK. Siapa yang tidak menyetor LHKPN 2019, saya akan laporkan disana supaya bisa diumumkan ke publik. Masyarakat sudah cerdas sekarang sehingga bisa menilai pejabat tanpa celah,” paparnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy