10 Kelompok Nelayan di Sultra dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Tuna – Kendari Pos
Metro Kendari

10 Kelompok Nelayan di Sultra dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Tuna

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mengkampanyekan penangkapan ikan tanpa merusak ekosistem laut. Karena itu, lembaga yang dipimpin Askabul Kijo menyalurkan bantuan handline alias paket alat tangkap tuna kepada 10 kelompok nelayan tersebar di empat kabupaten di Sultra. Rinciannya, 3 kelmpok Buton Utara (Butur), 3 kelompok Buton Selatan (Busel), 3 kelompok Muna Barat dan 1 kelompok Konawe.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sultra, Askabul Kijo mengatakan masing-masing kelompok nelayan mendapat bantuan satu paket handline. Alokasi anggaran untuk bantuan itu mencapai Rp 600 juta. Katanya, bantuan ini juga sebagai upaya menekan ilegal fishing bagi para nelayan di Sultra. Selain itu, agar nelayan Sultra menjaga kualitas produk hasil tangkapan.

“Mereka sudah kita bekali dengan peralatan tangkap yang ramah lingkungan. Jadi tidak ada alasan lagi menggunakan alat tangkap yang mampu merusak lingkungan laut. Selain itu hasil tangkap ikan tunanya juga bisa lebih berkualitas,” tegasnya saat ditemui di ruang kerjanya (9/12).

Menurutnya, mayoritas nelayan di Sultra telah paham dan sadar akan proses penangkapan ikan ramah lingkungan. Pengguna alat tangkap ikan secara ilegal bukanlah dari nelayan. “Tetapi mereka itu orang-orang di luar dari nelayan kita, yang melakukan pencurian ikan, ilegal fishing dengan pemboman, peracunan ikan serta hal-hal lain yang merusak lingkungan laut kita. Kalau ditemukan, mereka akan berurusan dengan pihak berwajib karena itu termasuk tindak kriminal,”terangnya.

Nelayan Sultra, sesungguhnya paham dampak dari ilegal fishing kedepan. Mereka tahu efek jangka panjang jika melakukan pengrusakan lingkungan laut. Saat ini ikan melimpah, tetapi sepuluh tahun kemudian belum tentu bisa seperti ini jika tidak ada pengawasan. Potensi perikanan di Sultra ini sangat berlimpah, tidak perlu jauh-jauh melaut sudah dapat ikan banyak. “Tapi tetap ingat untuk tidak merusak laut dan melindungi kelestarian hayati laut,” ungkapnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy