WHO dan Kemenkes Lakukan Penelitian Rokok di SMA 1 Lohia – Kendari Pos
Edukasi

WHO dan Kemenkes Lakukan Penelitian Rokok di SMA 1 Lohia

(Ki-Ka) Guru Kesiswaan La Falimu, Kepala SMA N 1 Lohia La Koma, Tim Kemenkes Chika Riska Ashari dan Sindu Setia Lucia, Ketua UKS Samrudin Ketua UKS serta Wakil Kepala SMAN 1 Lohia, Kadirun.

KENDARIPOS.CO.ID — Word Health Organization (WHO), organisasi kesehatan dunia yang bernaung dibawah Perserikatan Bangsa-Bangsa menyelenggarakan penelitian pengetahuan tentang tembakau terhadap pelajar. SMAN 1 Lohia dipilih menjadi salah satu sekolah tempat pengambilan sampel. Penelitian tersebut bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes sendiri menurunkan dua surveyornya yakni, Chica Riska Ashari dan Sindu Setia Lucia. Keduanya turun ke SMAN 1 Lohia pada akhir pekan lalu. Metode penelitian sendiri menggunakan kuesioner yang harus dijawab oleh para siswa yang dipilih secara acak. Ada 76 butir pertanyaan yang meliputi pengetahuan tentang rokok. “Misalnya sudah pernah konsumsi rokok atau belum, kemudian harga rokok dipasaran maupun pelajar itu pernah beli rokok atau tidak,” jelas Chika.

Penelitian tersebut juga dimanfaatkan Kemenkes untuk mengukur sejauh mana penerapan kebijakan kawasan tanpa rokok (KTR) sudah diterapkan oleh lingkungan pendidikan. Hal itu menjadi bahan rujukan bagi pembuat kebijakan seperti pemerintah untuk mengambil keputusan baik berupa peraturan turunan KTR atau langkah edukasi terhadap gerakan anti rokok di intansi sekolah. “Hasilnya yang akan langsung dirilis WHO itu menjadi bahan rujukan pengambilan kebijakan,” sambungnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy