Warga Watulondo Blokir Jalan Truk Pengangkut Pasir : Mereka Dapat Uang, Kami Hirup Debu – Kendari Pos
Metro Kendari

Warga Watulondo Blokir Jalan Truk Pengangkut Pasir : Mereka Dapat Uang, Kami Hirup Debu

KENDARIPOS.CO.ID — Mobilitas truk pengangkut pasir yang melintasi Lorong Konggoasa, Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu, Kendari mengganggu warga setempat. Kekesalan warga Watulondo diluapkan dengan memblokir akses jalan, Kamis (14/11), sore sebagai bentuk protes.

Aktivitas lalulintas truk itu menyebabkan debu berterbangan, sebab kondisi jalan masih tahap perbaikan. Pantauan Kendari Pos, warga membuat pagar jalan dengan menggunakan kayu. Bebatuan diletakan di tengah jalan untuk mencegah mobil melintas tepat di wilayah Lalonggida.

Warga Lorong Konggoasa, Kelurahan Watulondo, saat menutup jalan mobil truk pengangkut pasir.

“Warga sudah kesal dengan mobil-mobil yang lewat pak. Mereka truk pasir dapat duit, kami hirup debu. Bukan hanya truk kami juga menutup akses mobil perusahaan yang menuju Morosi. Mereka sering balap kalau lewat sini. Sangat membahayakan warga khususnya anak-anak,” kata Untung, warga setempat.

Ia menjelaskan, lebih sebulan truk pengangkut pasir itu beroperasi. Sopir mengambil pasir di Desa Rambu Kongga, Kecamatan Bondoala, Kabupaten Konawe. Mereka melintasi Lorong Konggoasa. “Jalur ini menjadi alternatif karena jaraknya dekat. Bahkan karyawan yang bekerja di perusahaan di Morosi, melewati jalan tersebut. Mereka kerap kebut-kebutan,” bebernya.

Warga Lorong Konggoasa, Kelurahan Watulondo, saat menutup jalan mobil truk pengangkut pasir.

Warga lainnya, Ube juga mengatakan hal yang sama. Kata dia, penutupan jalan merupakan bentuk kekesalan. Sebenarnya warga telah bertemu dengan Bhabinkamtibmas. Disepakati akan dilakukan penyiraman, namun tak dilaksanakan. “Intinya jalur kami akan tutup untuk mobil. Kami tiap hari hirup debu, mana banyak anak-anak bermain di jalan. Silahkan cari jalur lain, jangan lewat di lorong kami,” tegas Ube.

Warga Lorong Konggoasa, Kelurahan Watulondo, saat menutup jalan mobil truk pengangkut pasir.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, mengatakan telah mendapat kabar terkait adanya aktivitas truk pengangkut pasir tersebut. Ia menyayangkan jika mobil seenaknya lewat tanpa melakukan penyiraman. “Apalagi kan jalan di daerah tersebut dalam perbaikan. Intinya saya sudah dapat laporan, nanti akan saya tindaklanjuti,” ujarnya. (abd/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy