Warga Buteng yang Kerja Ilegal di Malaysia Dipulangkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Warga Buteng yang Kerja Ilegal di Malaysia Dipulangkan

KENDARIPOS.CO.ID — Irsan, mengadu nasib di Malaysia tanpa dokumen legal. Setelah dua tahun bekerja di negeri jiran itu, ia pun dibekuk polisi Malaysia karena tak mengantongi izin kerja dari pemerintah Indonesia. Lelaki asal Lombe, Buton Tengah (Buteng) ini dijebloskan ke penjara Malaysia.

Pihak kedutaan Indonesia di Malaysia membebaskan dan memulangkan Irsan. Pria 21 tahun itu tiba Pelabuhan Baubau, Rabu (6/11/2019). Ia dijemput Kepala Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ( LP3TKI) Kendari Syahrul Afriyadi. “Penjemputan pekerja migran Indonesia yang dideportasi itu berkat komunikasi aktif yang dibangun bersama LP3TKI Nunukan. Sejak tanggal 3 November, kami sudah diinfokan ada pekerja migran Indonesia (PMI) yang dideportasi, makanya hari ini kita jemput,” jelasnya dihubungi.

Kepala LP3TKI Kendari Syahrul Afriyadi saat menjempur Irsan di Pelabuhan Baubau.

Irsan adalah satu dari 175 PMI yang dideportasi dari Malaysia melalui Nunukan. Dari Nunukan, Irsan dipulangkan melalui Pelabuhan Murhum Baubau dengan KM. Lambelu yang tiba 6 November. “Dari data yang ada, dia berangkat tahun 2017, ditangkap tahun 2019 lalu dipenjara di Malaysia 3 bln 10 hari,” ungkapnya.

Setelah penjemputan itu, kata dia, Irsan akan diserahkan ke pihak keluarga dengan sepengetahuan pemerintah daerah setempat. “Setelah ini, kami akan serahkan ke pihak keluarga, pemulangan ini gratis, ditanggung LP3TKI,” kata Syahrul. Ia meyakini, masih ada begitu banyak PMI ilegal yang bertahan di Malaysia. Karena itu, pihaknya terus meningkatkan sosialisasi bahaya menjadi PMI ilegal. “Ini bukti bahwa tidak bagus jalan dengan jalur-jalur khusus ini” tutupnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top