Wakil Bupati Butur Minta ASN Hentikan Pungli – Kendari Pos
Buton Utara

Wakil Bupati Butur Minta ASN Hentikan Pungli

KENDARIPOS.CO.ID — Praktek “pungli” sudah menjadi rahasia umum. Sulit diungkap namun secara kasat mata bisa terlihat. Namun bagi masyarakat yang butuh, mereka terpaksa ikut-ikutan. Jika tidak, urusannya bisa berbelit-belit dan lama. Untuk membersihkan daerahnya dari praktek-praktek ini, Abu Hasan-Ramadio telah membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

Wakil Bupati (Wabup) Buton Utara (Butur), Ramadio tak menampik adanya praktek pungli. Praktek ini, sudah ada sejak lama terjadi bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan oknum aparatur penyelenggara negara. Terutama yang berurusan dengan pelayanan seperti penerimaan siswa baru, izin usaha, pengurusan adiministrasi kepegawaian hingga mengurus pasien di rumah sakit umum daerah (RSUD). “Dengan terbentuknya satgas saber pungli, praktek ini bisa diberantas dan oknumnya bisa ditindak sehingga pelayanan bisa berjalan efektif,” tandas Ramadio saat Sosialisasi Satgas Saber Pungli di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur di aula Kantor Bappeda, Kamis (14/11).

Wakil Bupati (Wabup) Buton Utara (Butur), Ramadio memberi pengarahan saat membuka Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di aula Kantor Bappeda Butur, Kamis (14/11)

Kebiasaan meminta “uang pelicin” kata mantan Ketua DPRD Butur ini harus dihentikan. Pasalnya, negara telah memberikan tunjangan dan gaji pokok kepada abdi negara. “Bahkan Butur telah mengalokasikan tunjangan tambahan penghasilan. Tak ada alasan lagi ASN melakukan pungli. Jika ada, segera laporkan ke saber pungli,” tegasnya.

Semangat pemberantasan pungli kata dia, bukan hanya faktor jumlah kerugian negara. Tetapi bagaimana meninggalkan budaya atau kebisaaan meminta. Untuk itulah, perlu dilakukan perubahan yang besar. “Kebiasaan tidak jujur harus dihilangkan untuk itu saya menghimbau kepada semua jajaran aparatur sipil negara untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pungutan liar dalam bentuk apapun,” tandasnya. Sosialisasi yang dibuka Wakil Bupati BUtur Ramadio dan turut hadir Sekretariat Daerah Muh Yasin, Wakil Ketua II DPRD Butur Septi Rahma, Kasi Intel Kejari Muna Sofian, Pasi Intel Dandim 1416/Muna Kapten Infantri Saekonoi, dan sejumlah kepala organiasi perangkat daerah (OPD) di aula Kantor Bappeda Butur. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy