KENDARIPOS.CO.ID — Proyek smart point di Teluk Kendari bakal dirampungkan tahun 2020. Beberapa titik kawasan itu kerap dipadati warga saat petang. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari merencanakan membangun wahana bermain anak di Teluk Kendari. “Sekarang masih tahap pembangunan smart point, belum rampung seratus persen juga. Itu tinggal kita tambahkan wahana permainan untuk anak-anak,” ujar Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj. Nahwa Umar. Menurutnya, smart point itu tak hanya akan menjadi lokasi rekreasi masyarakat Kendari, namun juga merupakan kawasan yang mengusung konsep konservasi dan rehabilitasi ekosistem mangrove di Kendari.

Kata dia, pihaknya juga akan melengkapi kawasan Smart Point itu, dengan berbagai fasilitas penunjang. Gazebo untuk beristrhat itu sudah ada, masih dipelajari dulu, apa yang perlu dibangun di sana. Untuk merampungkan konsep smart point, 2020 nanti Pemkot kembali menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk melengkapi fasilitas, seperti area fitnes outdoor, tempat bermain anak-anak dan lainnya.

“Itu masih belum ketuk palu di DPRD, tapi anggarannya tak akan sampai sepuluh miliar rupiah lagi,” bebernya. Kawasan smart point merupakan salah agenda pembangunan Kendari menuju Kota Layak Huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi. Ia berharap masyarakat turut menjaga kawasan itu, agar dapat dinikmati hingga puluhan tahun ke depan. “itu aset kita, ikon kita sebagai ibu kota,” tandasnya. (hel/b)