UMP Naik, Gubernur : Jangan Ada Karyawan tak Mendapat Keadilan – Kendari Pos
Metro Kendari

UMP Naik, Gubernur : Jangan Ada Karyawan tak Mendapat Keadilan

KENDARIPOIS.CO.ID — Gubernur Sultra Ali Mazi telah mengumumkan penetapan Upah Minumum Provinsi (UMP) Sultra tahun 2020 mendatang. Kenaikan standar gaji pekerja yang diteken gubernur mencapai 8,51 persen, lebih besar dari tahun 2019 yang hanya 8,03 persen. Surat keputusan kenaikan ini secara otomatis berlaku, 1 Januari 2.020 mendatang, tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2019 tentang penetapan UMP Sultra dan upah minimum sektoral.

Ali Mazi meminta pengusaha menaati kebijakan itu. Sebab, kenaikan itu sudah disetujui oleh dewan pengupahan dan disesuaikan dengan perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Suami Agista Aryani itu meyakini angka kenaikan itu sudah melampaui hitungan kebutuhan hidup masyarakat Sultra.

Ali Mazi

“Bagi pengusaha tolong ini ditaati. Bagi pekerja, nilai kenaikan ini sudah berada diatas rata-rata kebutuhan hidup layak. Mari kita syukuri,” katanya di ruang rapat Kantor Gubernur Sultra, pekan lalu. Jika ada pelaku usaha yang masih abai terhadap kesejahteraan karyawannya, maka perlu diberi peringatan. “Saya minta Dinas Tenaga Kerja mengawasi ini, jangan sampai ada karyawan yang tidak mendapat keadilan dalam hal pengupahan ini,” sambung Ali Mazi.

UMP Sultra tahun 2020 sebesar Rp2.5 juta Jumlah itu mengalami kenaikan Rp 200 ribu dibanding tahun 2019. Sementara upah minimun di sektor pertambangan dan penggalian sebesar Rp 2.6 juta dan di sektor konstruksi Rp 2.69 juta. “Sekali lagi, saya sangat berharap UMP ini benar-benar terealiasi di lapangan,” tutup pasangan Lukman Abunawas ini.

Hal tersebut diamini oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sultra, Saemu Alwi. Kata dia, setelah diumumkan secara resmi, pihaknya akan menyosialiasikan UMP itu kepada pengusaha melalui surat edaran. Setelah penetapan UMP itu, selanjutnya pemerintah kabupaten kota juga akan melakukan perhitungan terhadap upah layak di daerah masing-masing. Biasanya, UMK lebih besar dari UMP. (yul/b)

4 Comments

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy