Tuan Rumah MTQ Provinsi ke-XXVIII Dialihkan ke Konsel – Kendari Pos
Konawe Selatan

Tuan Rumah MTQ Provinsi ke-XXVIII Dialihkan ke Konsel

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Selatan (Konsel) secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi ke-XXVIII. Penunjukan Konsel didasari surat keputusan yang dikeluarkan oleh Gubernur Sultra nomor 434 tentang penetapan penyelenggaran MTQ 2020.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Konsel, Dr H Arsalim Arifin mengungkapkan sesuai agenda awal, Konawe Utara (Konut) yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Hal ini berdasarkan surat Gubernur nomor 484 tetang penetapan penyelenggaran MTQ tingkat provinsi. Namun diakibatkan bencana banjir, maka dialihkan ke Konsel. “Banjir yang melanda menyebabkan konsentrasi Pemkab Konut pada pemulihan infrastruktur yang rusak. Dana yang terserap untuk anggaran pemulihan sehingga ditunjukanlah Konsel sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Arsalim

Jika tak ada aral lanjut Wakil Bupati (Wabup) Konsel ini, agenda religius tahunan itu dijadwalkan digelar bulan Maret 2020 mendatang. “Tapi kalau ada kendala, palingan diundur bulan April,” imbuhnya. Penunjukan ini katanya, merupakan bentuk kepercayaan bagi Konsel. Untuk itulah, Pemda maupun LPTQ Konsel siap menyukseskan pelaksanaan MTQ. Makanya, pihaknya mulai mempersiapkan diri. “Infrastruktur kita saat ini cukup memadai dan siap. Misalnya, gedung Islami Center, ada GOR dan SOR, Auditorium Pemda, sarana akomodasi. Intinya Konsel sudah sangat siap,” ungkapnya.

Pasca ditunjuknya Konsel sebagai tuan rumah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov, Kanwil Kemenag dan LPTQ Sultra. “Kita akan segera membahas mengenai kepanitiaan bersama, dan tentunya kita juga akan membentuk panitia lokal,” terangnya. Saat ini, pihaknya sementara membenahi infrastruktur perkotaan dan arena-arena perlombaan, akomodasi dan kebutuhan lainnya. Untuk masalah pendanaan, Bupati telah menginstruksikan untuk dianggarkan dalam APBD tahun 2020. “Mengenai besaran kita sementara mengkalkulasi,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top