KENDARIPOS.CO.ID — Trase Kereta Api (KA) Kendari-Kolaka telah disepakati (lihat grafis). Kawasan Bungkutoko dipilih menjadi terminal terintegrasi jalur KA ini. Penetuan jalur KA ini sesuai kesepakatan pemerintah pusat, pemerintah daerah serta konsultan pelaksana.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Hado Hasina mengatakan jalur KA sudah ditetapkan, tinggal dilakukan survei lanjutan terkait kelayakan jalur yang dipilih. Sebab jalur harus terintegrasi dengan seluruh simpul ruas transportasi yang ada.

“Ini masih tahap awal dari studi perencanaan. Setelah tahapan ini, masih akan ada beberapa tahapan lagi seperti study lingkungan, master plan, Detail Engineering Design (DED). Di sini akan kelihatan berapa sungai dilewati, berapa biayanya, tahapan pelaksanaanya seperti apa. Pada akhir, ada tahap desain,” ungkap Pj Wali Kota Baubau saat pertemuan analis pemilihan rencana trase KA Kendari-Kolaka, di Hotel Horizon Kendari (28/11). Katanya, desain rute KA, tentunya akan disesuaikan berdasarkan jalur alternatif yang dipilih nanti.

Laman: 1 2 3