Tipu Pemilik Rental Mobil, Polsek Mandonga Ringkus Bos Penjual Nasi Goreng – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Tipu Pemilik Rental Mobil, Polsek Mandonga Ringkus Bos Penjual Nasi Goreng

KENDARIPOS.CO.ID — Suwandi, pemilik warung makan nasi goreng di Kota Kendari harus meringkuk dibalik jeruji. Pria itu diduga menipu sejumlah pemilik rental di Kendari. Dia menyewa kendaraan berbulan-bulan dan menggadaikannya kepada seseorang. Uang hasil gadai tersebut digunakan untuk keperluan pribadi.

Agar tak ketahuan kepada pemilik rental, pelaku ini kembali merental kendaraan di tempat lain. Alasannya untuk menutupi pembayaran rental lainnya. Kasus ini terungkap dari seorang pemilik Rental Nurul Risky bernama, Muhamad Rifan Naerani. Dia melaporkan dua kendaraanya yang belum dikembalikan oleh pelaku selama berbulan-bulan. Pelaku menyewa dua kendaraanya dengan harga Rp 9 juta. Dalam perjalanannya, pelaku memang membayar sewa ongkos kendaraan tersebut. Namun, karena curiga kendaraan tersebut tak kembali, korban mempertanyakan kepada pelaku.

Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto (kiri) saat memperlihatkan tersangka penggelapan mobil rental saat konferensi pers di Polsek Mandonga.

“Setiap kendaraan sewa tersebut diminta, pelaku tidak pernah menunjukkan fisik kendaraannya. Sehingga dia melaporkan hal tersebut ke Polsek Mandonga,”kata Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto saat merilis kasus tersebut di Polsek Mandonga. Mantan Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra ini menyebutkan, pelaku melakukan aksi tersebut untuk pelunasan utang. Dari total sejumlah pemilik rental, ada 13 kendaraan yang berhasil digelapkan pelaku. AKBP Didik Erfianto meminta setiap korban datang ke Polsek Mandonga untuk mengecek kendaraanya.

Kasus ini kata dia masih dalam pengembangan. Pasalnya, ada dugaan, penipuan ini tidak dijalankan sendiri, melainkan juga bersama pihak lain. “Kami masih kembangnkan, dan masih akan mencari barang bukti lainnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy