Tingkatkan Pendapatan Lahan Hutan, Dosen UHO Budidaya Lebah Trigona Sp – Kendari Pos
Edukasi

Tingkatkan Pendapatan Lahan Hutan, Dosen UHO Budidaya Lebah Trigona Sp

Tim Pengabdian Masyarakat FHIL UHO saat melakukan penyuluhan sekaligus sosialisasi kegiatan kepada warga Desa Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Hutan dan lahan merupakan salah satu aspek lingkungan yang perlu dijaga dan dilestarikan karena berfungsi sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan. Kerusakan hutan dapat menyebabkan timbulnya berbagai bencana alam dan juga menyebabkan lahan menjadi kritis.

Untuk itu, pemerintah menghelat program pembangunan yang berbasis Hutan Rakyat sebagai bentuk konservasi yang bertujuan untuk mengembalikan produktivitas lahan. Namun, berbagai permasalahan muncul dalam program pembangunan hutan rakyat tersebut. Pasalnya, Hutan Rakyat sebagai salah satu bentuk konservasi pada umumnya diisi oleh tanaman tahunan berupa kayu maupun tanaman perkebunan lainnya.

Kondisi ini, menjadi kekhawatiran banyak orang. Salah satunya datang dari para akademisi Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) dengan menghelat Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Lies Indriyani, Dr. Zakiah Uslinawaty, Asrianti Arif, SP., M.Si., dan Nurhayati Hadjar S.Hut. M.Hut., bersama mahasiswa mencoba mengatasi permasalahan tersebut, dengan menyediakan sumber pendapatan di lahan hutan, melalui kebudayaan Lebah Trigona Sp, di Desa Mata Wolasi, Konawe Selatan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy