Tingkatkan Kinerja, BPKAD Sultra Siap Persembahkan WTP Ketujuh – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Tingkatkan Kinerja, BPKAD Sultra Siap Persembahkan WTP Ketujuh

“Setiap akhir tahun memang masa-masa yang cukup berat bagi seluruh pegawai di BPKAD. Karena itu momentum pencairan anggaran kegiatan yang paling padat. Makanya, mulai bulan Oktober ini sudah mulai lembur,” katanya.

Bukan hanya memberikan pelayanan untuk kegiatan APBD berjalan. Di akhir tahun, BPKAD harus menyiapkan dokumen anggaran untuk tahun berikutnya. Kemudian menyusun pelaporan keuangan tahunan. Semuanya diatur dengan jadwal pasti oleh kementerian dalam negeri dan kementerian keuangan. Bila telat, ancamannya tidak ada transfer pusat. Bisa jadi pula predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian lepas dari genggaman.

“Makanya setiap rapat-rapat itu saya selalu sampaikan, serapan dipercepat, laporan diserahkan tepat waktu. Kita paling sering keteteran. Tapi Alhamdulilah selalu bisa diselesaikan. Insya Allah kita masih bisa raih WTP ke tujuh,” tambahnya. (b/lyn)

Sukses Kelola Keuangan, Diapresiasi Pemerintah Pusat

Tidak hanya mengurusi keuangan sendiri, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra turut diberi amanah untuk melakukan pembinaan terhadap tata kelola keuangan di Kabupaten/Kota. Nah, untuk peran itu, BPKAD Sultra dinilai sukses melakoninya. Parameternya, setiap tahun ada penambahan peraih WTP di Sultra dan belum pernah ada yang turun predikat.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Syarifuddin pun mengapresiasi kinerja Pemprov Sultra dalam hal ini BPKAD Sultra yang telah bekerja keras melakukan pembinaan kepada jajaran pemerintah kabupaten dan kota se Sultra dalam rangka penataan tata kelola keuangan daerah.

“Kita sangat mengapresiasi itu, wujud keseriusan yang nyata dalam membantu teman-teman di kabupaten kota sehingga ada perbaikan dari waktu ke waktu,” katanya saat Workshop Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang pengelolaan Keuangan Daerah Dalam Rangka Mencapai dan Mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2019 beberapa pekan lalu.

Perbaikan dalam penyuguhan laporan tata kelola keuangan kata dia, bukan hal yang mudah. Sebab, hal itu harus dilakukan secara komprehensif. Tapi sejauh ini, Sultra dinilai sukses melakukannya. Terbukti, predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2018 lalu sukses diraih oleh 16 Pemda di Sultra. Itu artinya tersisa satu daerah saja yang masih harus diberikan pendampingan untuk naik status.

“Alhamdulillah, Sultra hampir semuanya WTP, hanya satu yang belum WTP. Artinya ini ada keseriusan pemerintah daerah untuk memperbaiki laporan keuangannya setiap tahun,” kata ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara ini.

Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Pemprov Sultra sudah melakukan tugasnya dengan baik. Meski begitu, itu tak boleh membuat kita berpuas diri untuk terus berbenah. Karena rambu-rambu tata kelola keuangan dan aset daerah, mulai dari perencanaan, hingga pelaporan terus mengalami pembaharuan.

Kepala BPKAD Sultra, Hj Isma mengatakan program peningkatan dan pengembangan pengelolaan keuangan daerah meliputi beberapa item. Diantaranya, penyusunan rancangan peraturan daerah tentang perubahan termasuk laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018. Untuk memaksimalkan penyusunan, BPKAD turut menyosialisasi pedoman APBD.

Di sisi lain, pihaknya juga melakukan pengamanan aset daerah. Hal ini tak lain mengantisipasi aset daerah yang disabotase. Bukan rahasia, ada beberapa aset Pemda yang raih lantaran kelalaian administrasi dan pencatatan. Pengakuan dari pemerintah pusat ini menjadi motivasi bagi daerah untuk berbenah. Untuk bisa mempertahankan capaian itu, Pemda harus mengikuti rambu-rambu dan peraturan perundang-undangan dalam mengelola keuangan dan aset daerah.

“Intinya, kita harus paham aturannya seperti apa sehingga memudahkan kita melakukan persiapan-persiapan. Kalau ada yang kurang kita harus tahu kurangnya di mana. Jadi bisa segera diperbaiki termasuk catatan-catatan yang menjadi rekomendasi BPK,” katanya. (b/lyn)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy