“Teror” di Perairan Wawonii : Warga Resah, Dinas Perikanan Kewalahan – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

“Teror” di Perairan Wawonii : Warga Resah, Dinas Perikanan Kewalahan

James Adam Mokke

KENDARIPOS.CO.ID — Perairan laut Konawe Kepulauan (Konkep) menjadi sasaran empuk pelaku ilegal fishing. Dentuman bom ikan yang dilakukan oknum nelayan tak bertanggungjawab itu, sering kali menggegerkan warga Pulau Wawonii. Setiap fajar dan petang, para pelaku itu kerap menjalankan aksinya. Aktivitas tangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak, sepertinya sudah menjadi tontonan warga di wilayah itu.

“Kalau mereka sudah membom ikan, goyang dengan kita punya rumah. Kita sudah tidak asing lagi dengan suara bom, karena hampir hari-hari kita dengar. Apa lagi rumahnya kita ini berada di pinggir pantai,” keluh Sabar, seorang warga di Pulau Wawonii saat ditemui kemarin.

Ia berharap aparat dan instansi terkait bisa menindak oknum nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak. Pasalnya, tidak hanya membahayakan namun merusak biota laut. “Kalau bisa, segera ditindaklanjuti. Jika dibiarkan, kegiatan ini akan terus berulang,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Konkep, James Adam Mokke tak menepis maraknya pelaku ilegal fishing di perairan Pulau Wawonii. “Kami sudah banyak menerima laporan maraknya illegal fishing,” kata James Adam Mokke saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (31/10).

Menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak katanya, jelas melanggar hukum. Makanya, pihaknya telah melakukan penelusuran. Dari laporan, para pelaku illegal fishing menjalankan aksinya disaat air laut sedang teduh. “Laporan yang kami masuk ke Dinas Perikanan, oknum nelayan yang menggunakan bom ikan bukan hanya orang luar tapi ada dari dalam Pulau Wawonii juga,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy