Terkait Pemberlakuan Regulasi PBBKB, Wagub Malut Apresiasi Kebijakan Gubernur Sultra – Kendari Pos
Nasional

Terkait Pemberlakuan Regulasi PBBKB, Wagub Malut Apresiasi Kebijakan Gubernur Sultra

Wagub Malut, Al Yasin Ali (kiri) berbincang dengan Syamsul Bahri disela kesibukannya mengikuti rangkaian peringatan HPS ke-39 di Kendari, Senin (4/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Al Yasin Ali turut hadir dalam peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra). Tak hanya melihat budaya dan beragam penganan yang dimiliki masyarakat Bumi Anoa, pria murah senyum ini juga “menimba ilmu” tentang kebijakan yang diterapkan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Salah satunya menyangkut penerapan kebijakan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB). Dirinya sangat terkesan dengan Pergub Nomor 25 tahun 2015 tentang perubahan atas Pergub Sultra Nomor 23 tahun 2013 tentang petunjuk pelaksanaan Perda Provinsi Sultra Nomor 5 tahun 2011 tentang pajak daerah khusus PBBKB.

“Kebijakan ini sangat positif. Patut diapresiasi. Sebab, akan mendorong pendapatan daerah dari sektor BBM semakin meningkat. Kami akan pelajari dan coba terapkan di Malut,” ungkap Al Yasin Ali, usai bertemu Direktur Utama PT Arsa Mega Energi di Kendari, kemarin.

Sama halnya Sultra, di Malut juga banyak perusahaan tambang. Mobilisasi kendaraan dan alat berat tentu tidak sedikit. Dalam operasionalnya, kendaraan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, jenis premium hingga solar. Satu perusahaan saja punya puluhan kendaraan. Bahkan mungkin ratusan bagi perusahaan besar. Konsumsi BBM tentu tak sedikit pula.

Ada kutipan pendapatan dari penggunaan BBM nonsubsidi yang mengalir dari perusahaan untuk daerah yakni pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB). Selama ini, PAD dari sektor PBBKB masih sangat minim. “Adanya regulasi seperti ini, menjadi payung hukum bagi Pemda. Ini sangat positif,” ulangnya menegaskan.

Apresiasi serupa juga disampaikan Direktur Utama PT. Arsa Mega Energi (AME), Syamsul Bahri. Kata dia, penyetaraan harga sangat positif bagi pengusaha, khususnya yang bergerak di bidang BBM industri. “Kebijakan ini sangat positif. Pengusaha BBM bisa bersaing secara sehat,” jelasnya yang diaminkan Wagub Malut.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top