Tambang PT. WIN di Konsel Kian “Beringas” : Rumah Warga, Sekolah Hingga Masjid Tercemar, Pemda Diam – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tambang PT. WIN di Konsel Kian “Beringas” : Rumah Warga, Sekolah Hingga Masjid Tercemar, Pemda Diam

Aktivitas penambangan PT.WIN di kawasan permukiman penduduk di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan. Warga desa terpapar debu dari aktivitas itu, namun tak ada tindakan dari pemerintah desa.

KENDARIPOS.CO.ID — PT.Wijaya Inti Nusantara (WIN) belum berhenti mengeruk perut bumi Desa Torobulu sebelum kandungan mineralnya habis. PT.WIN justru kian “beringas”. Alat berat pengeruk bijih nikel terus meraung. Operator excavator menggali nikel tanpa peduli dengan pencemaran udara yang ditimbulkan. Warga desa seperti “dipaksa” menghirup debu.

Rupanya, aktivitas penambangan PT.WIN bukan hanya di sekitar SD Negeri 12 Torobulu. Aktivitas mendulang kekayaan alam desa di Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, kini meluas hingga di kawasan permukiman penduduk. Jaraknya hanya sekira 100 meter dari SDN 12 Torobulu.

Dua unit excavator mengais tanah hanya hitungan dari rumah penduduk. Tumpukan material membukit hingga melewati ketinggian rumah penduduk. Beberapa warga desa dibuat resah lantaran terpapar debu saban hari. Aktivitas itu sudah berlangsung lama, namun pemerintah desa seperti melakukan pembiaran. Warga hanya bisa pasrah. Menghirup debu yang ditimbulkan dari aktivitas pengerukan dan pengangkutan material dari kawasan pertambangan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy