Tahun Depan, Sultra Siap Mandiri Sayur – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Tahun Depan, Sultra Siap Mandiri Sayur

KENDARIPOS.CO.ID — Meski indeks harga konsumen (IHK)/Inflasi Sultra tercatat sekitar 3 persen atau berada dibawah angka inflasi nasional yakni 3,5 persen, rupanya belum memuaskan Pemprov Sultra. Hal ini dikarenakan Sultra masih menyuplai sayuran dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Deputi Direktur BI Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani (batik hitam) didampingi Kepala Biro Ekonomi Sultra, Yuni Nurmalawati (berhijab) menyaksikan langsung penandatanganan MoU antara TPID dengan 17 kabupaten/kota di Sultra, kemarin (25/11) di Hotel Zahra Syariah Kendari.

“Kondisi perekonomian kita sangat baik, tumbuh 6 – 7 persen. Inflasi juga terjaga. Di bawah 3,5 persen atau masih di bawah inflasi nasional. Sayangnya, kita masih bergantung sama daerah lain (Sulsel),” ujar La Ode Mustari, Plh Sekprov Sultra dalam Rapat Kordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sultra yang berlangsung di Hotel Zahra Syariah Kendari kemarin.

Adapun beberapa komoditas yang masih disuplai daerah tetangga yaitu komoditas sayur sayuran seperti wortel, kentang, kol dan cabai. “Sayur selalu jadi pemicu inflasi. Karena kita masih bergantung. Rawan terjadi spekulasi harga. Padahal lahan kita luas. Kenapa tidak kita produksi sendiri,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Mustari, mulai tahun depan Sultra tidak harus suplai sayur sayuran dari luar provinsi. “Wilayah Bumi Anoa luas, terdapat 17 kabupaten/lota. Jika semua saling support, Insyaa Allah Sultra bisa mandiri,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy