Sungai di Kolut Tercemar, Hasil Panen Anjlok – Kendari Pos
Kolaka Utara

Sungai di Kolut Tercemar, Hasil Panen Anjlok

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sejatinya, kehadiran perusahaan tambang harus memberi manfaat bagi warga sekitar. Namun yang terjadi di Kecamatan Batu Putih, Kolaka Utara (Kolut) justru sebaliknya. Aliran sungai yang menjadi sumber air warga kini telah tercemar. Jika dulunya airnya jernih, sekarang tampak keruh dan berwarna kemerah-merahan. Padahal aliran sungai ini menjadi sumber utama suplai air di lahan persawahan dan tambak warga.

Warga hanya bisa merintih dan pasrah. Jangankan mereka, surat teguran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut saja diabaikan perusahaan. Di sisi lain, aktivitas pertambangan ini telah membuat hasil panen padi dan tambak menyusut. Bukan hanya itu, pemukiman warga yang berada di daratan rendah kini terancam tertimpa musibah. Tanah longsor sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Pasalnya, daerah perbukitan telah gundul. Apalagi musim hujan akan segera tiba.

Kepala DLH Kolut, Iskandar Adnin mengatakan perusahaan tambang yang beroperasi tidak hanya diwajibkan mengantongi izin analisis dampak lingkungan (amdal). Dalam ketentuan, perusahaan juga harus memberi laporan secara berkala menyangkut penanganan lingkungan. Namun hingga kini, belum dilaporkan. Padahal DLH telah berulang kali menagih laporan tersebut. “Sudah sering disurati tetapi tidak ada yang respon,” beber Iskandar kemarin.

Karena tak ada respon lanjutnya, DLH berinisiatif melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu perusahaan yang melakukan aktivitas di wilayah itu. Bukannya mendapat sambutan, pihaknya malah tidak diperkenankan masuk kawasan. Dirinya bersama stafnya hanya diperbolehkan di pintu masuk yang telah dipasangi portal. “Kita saja bawa nama instansi tidak diperbolehkan masuk di portal penjagaan,” ujarnya.

Ia memaklumi kekhawatiran warga sekitar. Pasalnya, ada beberapa daerah di sekitar perusahaan yang pernah dilanda musibah banjir tahun lalu. Sementara daerah Kolut sudah memasuki musim peralihan. “Aliran air sungai sewaktu-waktu bisa mengancam. Tahun lalu, luapan sungai tersebut menyebabkan pemukiman warga terendam air,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy