Sultra Sokong Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia – Kendari Pos
Nasional

Sultra Sokong Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah) saat panen kakao di sela-sela pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Desa Puudambu, Kabupaten Konsel. Sang menteri tak sungkan menikmati kakao yang dipanennya. Gubernur Sultra, Ali Mazi (kanan) dan Danrem 143 Kendari, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto (kiri) mendampingi sang menteri.

KENDARIPOS.CO.ID — Gong ditabuh, menandai pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (2/11). Tabuhan gong di Desa Puudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konsel menggaung hingga mancanegara. Di sana hadir 16 duta besar dari berbagai negara sahabat, perwakilan FAO dan organisasi internasional lainnya. Mereka menyaksikan kekuatan dan ketahanan pangan Indonesia.

Tabuhan gong oleh Menteri Syahrul Yasin Limpo sekaligus menggaungkan komitmen bangsa Indonesia untuk menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045. Sultra pun menyokong Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Memang itu bukan perkara mudah, namun keyakinan itu harus ditabalkan mulai saat ini. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu mengatakan tema HPS Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 diangkat atas pertimbangan bangsa yang mandiri dan merdeka harus mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri. “Indonesia berpotensi besar mewujudkan kedaulatan pangan tersebut,” ujarnya di hadapan tamu asing dan pejabat pemerintahan.

Di hadapan seluruh tamu udangan, ia mengatakan, Kementerian Pertanian harus bekerja keras dalam menerapkan teknologi industri pertanian untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani dan pemenuhan lumbung pangan dunia 2045. Kementerian Pertanian tidak bisa jalan sendiri dalam mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tetapi harus bekerja sama dengan gubernur, bupati/wali kota, camat, lurah dan desa.

“Saya juga berharap FAO jangan biarkan saya jalan sendiri. Mari kita bersinergi mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia. Apalagi, Indonesia merupakan negara agraris yang bisa memberi kehidupan kesejahteraan bagi rakyatnya,” ungkap Syahrul Yasin Limpo saat mewakili Presiden RI, Jokowi membuka HPS ke-39.

Oleh karena itu, melalui peningkatan produksi dan produktivitas pertanian dalam memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri harus berjalan optimal.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy