Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Standar kelulusan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Muna turun. Jika tahun 2018 lalu, nilai passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143 poin, kini hanya 126 poin. Begitupun dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang turun 10 poin. Namun untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) standarnya tetap sama.

Di sisi lain, server tes yang digunakan juga berbeda. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna tak lagi menggunakan Computer Asisten Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) melainkan server langsung milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Rustam menyebut CPNS 2019 mengalami penurunan passing grade. Jika sebelumnya nilai minimal TKP 143, TIU 80 dan TWK 75, maka tahun ini menurun menjadi 126 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 65 untuk TWK.

“Selain nilai passing grade menurun, kami tidak lagi menggunakan CAT UNBK tapi server BKN. Karena server BKN, maka pelaksanaan tes akan dipusatkan dalam satu ruangan dengan kapasitas minimal 100 orang,” ujar Rustam saat ditemui Kendari Pos, Rabu (20/11).

Untuk tes, Pemkab telah menyiapkan beberapa gedung. Diantaranya, aula Galampano, rumah jabatan Bupati Muna, gedung Sarana Olahraga La Ode Pandu dan aula kantor Bupati Muna. Sementara untuk komputer akan dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muna. “Dalam waktu dekat lokasi itu akan disurvei dulu oleh BKN untuk mencari mana yang layak,” imbuhnya.

Laman: 1 2