Siapkan Anggaran Miliaran, Bupati Koltim Fokus Kembangkan Kakao dan Kopi – Kendari Pos
Kolaka Timur

Siapkan Anggaran Miliaran, Bupati Koltim Fokus Kembangkan Kakao dan Kopi

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) terus bergeliat. Pembangunan bergerak dinamis di semua sektor. Semua itu karena Kabupaten Koltim punya kepala daerah, Bupati Tony Herbiansyah yang tak duduk manis di belakang meja kerja. Bupati Koltim, Tony Herbiansyah terus bergerak merealisasikan konsep pembangunan yang digaungkan sejak awal memimpin Koltim. Tak hanya pembangunan infrastruktur, sektor pertanian dan perkebunan digenjot demi terciptanya agrobisnis berdaya saing. Jangan heran jika Tony Herbiansyah kerap blusukan ke kebun masyarakatnya untuk memastikan tanaman masih produktif.

Pada tahun 2020, suami Hj. Surya Hutapea itu fokus pada pengembangan kakao dan tanaman kopi. Tony Herbiansyah tak mau melihat lahan masyarakatnya kosong dan tidak produktif. Tony Herbiansyah memandang, warga Koltim harus mengoptimalkan lahan tidur untuk kesejahteraan mereka. Apalagi, tanah di Koltim relatif subur sehingga sangat tepat pengembangan sektor pertanian dan perkebunan.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (kanan) kerap blusukan ke kebun warga dan memastikan tanaman petani tetap produktif. Terutama tanaman kakao. Upaya itu dilakukan untuk mendukung pengembangan kakao di Koltim.

Anggaran miliaran rupiah sudah disiapkan dalam postur APBD 2020 untuk pengembangan kakao sekira Rp.5,1 miliar untuk 417 hektare. Selain itu, tanaman kopi sekira Rp.320 juta. “Saya berkomitmen mengembangkan kakao di Koltim. Begitu pula bibit kopi merupakan komoditas ekspor. Sehingga sangat tepat jika dikembangkan petani di Koltim,” ujar Bupati Koltim, Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, Rabu (13/11).

Ketua DPW Nasdem Sultra itu menjelaskan, pengembangan kakao dan kopi harus ditopang dengan pengembangan sentra agrobisnis. “Selain itu, bantuan alat pertanian terus mengalir ke petani, bantuan bibit kakao dan kopi kita siapkan untuk dikembagnkan para petani. Dengam begitu, saya berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” jelas Tony Herbiansyah.

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Pemkab Koltim, Lasky Paemba mengatakan program pengembangan kakao didukung pula dengan revitalisasi kakao. Bantuan bibit kakao akan didistribusi kepada petani melalui 26 kelompok Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM). “Kita harapkan bantuan bibit kakao bisa diremajakan oleh petani. Dan bantuan kopi bisa menambah pendapatan petani,” ujar pria yang juga menjabat Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pemkab Koltim itu. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy