Seminar Internasional HPS, Prof. Zamrun Mengulas Pangan Lokal dan Tantangan Ditengah Kepadatan Penduduk – Kendari Pos
Nasional

Seminar Internasional HPS, Prof. Zamrun Mengulas Pangan Lokal dan Tantangan Ditengah Kepadatan Penduduk

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., M.Sc (tiga dari kiri) tampil sebagai pembicara seminar internasional dalam rangka Hari Pangan Sedunia (World Food Day). Sang profesor mengulas pentingnya pengembangan pangan lokal di hadapan duta besar (Dubes) negara sahabat, organisasi internasional dan Food and Agriculture Organization (FAO) di Hotel Claro, Kendari, Jumat (1/11).Tampak Gubernur Sultra, Ali Mazi (tengah) dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri)

KENDARIPOS.CO.ID — Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., M.Sc didapuk menjadi pembicara dalam seminar internasional dalam rangka Hari Pangan Sedunia (World Food Day). Prof.Muh.Zamrun mengulas tentang pentingnya pangan lokal dalam forum berkelas internasional yang dihadiri para duta besar (Dubes) negara sahabat, enam organisasi internasional dan Food and Agriculture Organization (FAO) atau organisasi pangan dan pertanian dunia itu.

Rektor Prof.Muh Zamrun mengungkapkan bahwa ke depan, pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat tidak lagi bergantung pada satu jenis pangan pokok (beras). Namun perlu dikembangkan sumber pangan lainnya terutama pangan lokal yang selama ini belum optimal pemanfaatannya, seperti sagu, sukun, singkong (ubi kayu), ubi jalar, dan jagung.

“Potensi sumber daya pangan lokal dengan keragaman yang tinggi di berbagai daerah di seluruh Indonesia khususnya di Sultra sangat potensial untuk dijadikan sebagai sumber bahan pangan guna mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan seimbang,” ungkap Prof.Zamrun dalam seminar Hari Pangan Sedunia bertema “Our Actions Are Our Future. Healthy Diets For a #ZeroHungerWorld”, yang menekankan pada persoalan kelaparan dan gizi buruk yang masih dihadapi bersama oleh komunitas global.

Bagi Prof.Zamrun, persoalan pangan berkaitan dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 267 juta. Dengan jumlah penduduk tersebut, maka Indonesia menempati peringkat keempat penduduk terbesar di dunia. “Meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun memberi konsekuensi pada peningkatan permintaan pangan baik dalam jumlah, keragaman, mutu, gizi, aman dan sehat. Selain permasalahan jumlah penduduk, kita juga sedang menghadapi tantangan pembangunan pangan baik dari sisi penyediaan dan permintaan,” jelasnya saat seminar di Hotel Claro Kendari, Jumat (1/11).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy