KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari menyediakan sembilan bus translulo untuk melayani peserta Hari Pangan Sedunia (HPS). Kendaraan itu ditempatkan di hotel mewah yang dominan di tempati peserta. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kendari, Muhammad Ali Aksa mengatakan selain sembilan bus, juga disiapkan tiga kendaraan cadangan. Bus translulo akan beroperasi diatas pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

“Tiga unit ini akan digunakan, kalau memang ada hal urgent, dan harus segera diantisipasi. Untuk mengatasi kemacetan, kami sudah kordinasi dengan Sat Lantas Polres Konawe, dan mereka sudah melakukan rekayasa lalu lintas sesuai keadaan banyaknya tamu. Terutama di titik keramaian seperti eks MTQ, Kebun Raya, dan Rujab Wali Kota,” bebernya.

Katanya, panitia HPS telah membagi beberapa tim untuk melayani transportasi peserta. Dishub Kendari mendampingi tamu HPS asal Bengkulu dan Kalimantan Barat. Pihaknya telah menyiapkan kendaraan khusus. Ditambah satu unit kendaraan masing-maisng untuk rombongan mereka. (hel/b)