KENDARIPOS.CO.ID — Idham Azis kini berpangkat Jenderal Polisi. Hal itu setelah, mantan Kabareskrim tersebut resmi dilantik sebagai Kapolri, oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019). Setelah mengambil sumpah Idham, Jokowi mengganti tanda pangkat yang berada di pundak sang polisi, dari bintang tiga menjadi bintang empat. Usai pelantikan, Idham pun mendapatkan selamat dari sejumlah hadirin yang diawali dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Presiden Joko Widodo saat melantik Idham Azis sebagai Kapolri.

Setelah itu berturut-turut, sejumlah pejabat lainnya memberi selamat. “Bapak Presiden memberikan menyampaikan kepada saya, kerja, kerja, dan kerja,” kata Idham Azis di kompleks Istana, Jumat (1/11/2019).

Sebelumnya, Idham resmi dilantik sebagai Kapolri. Dia menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian, yang menjadi Menteri Dalam Negeri.
Idham juga sudah melewati proses fit and proper test di Komisi III DPR. Nama Idham kemudian dibawa ke rapat paripurna dan disepakati menjadi Kapolri.

Idham Azis bersama dua putranya Ilham dan Irfan.

Sosok pilihan Presiden Joko Widodo untuk memimpin Kepolisian RI ini memang sarat prestasi. Termasuk mendidik anak-anaknya. Terbukti, dua putra pria yang besar di Kampung Salo Kota Kendari tersebut, yakni Ilham dan Irfan, berhasil menjadi taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dengan raihan nilai tertinggi dalam seleksi di tahun yang berbeda. “Kami (Idham dan istri) membimbing mereka dari sisi akademis, fisik dan mentalnya sehingga kemudian mereka sukses dalam studinya,” kata mantan kapolda Metro Jaya ini.

Putra pertamanya, Ilham Urane Aziz, mendapat nilai terbaik dalam seleksi Akpol 2017. Berdasarkan data resmi Polri, Ilham menjadi peserta terbaik dari 331 peserta yang ada. Dua tahun kemudian, tepatnya 2019, putra kedua Idham, Irfan Urane Aziz, juga mengikuti jejak sang kakak dan menjadi yang terbaik dari 264 calon taruna yang mengikuti seleksi taruna Akpol.

Jika melihat sejarah pendidikan Irfan, hal itu tidak terlalu mengherankan mengingat Irfan sebelumnya memang juara Olimpiade Matematika Internasional. Menanggapi keberhasilan dua putranya, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengaku bangga. “Ya tentu bangga dengan pencapaian mereka. Kewajiban saya memang menyiapkan yang terbaik untuk masa depan mereka,” ungkap Idham. (jpg/imn)