Sekot Kendari : Sarang Walet jadi Potensi Sumber PAD – Kendari Pos
Metro Kendari

Sekot Kendari : Sarang Walet jadi Potensi Sumber PAD

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memanfaatkan semua potensi untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD). Tahun 2020 mendatang, sarang burung walet yang diternak pengusaha akan dijasikan sebagai sektor PAD yang baru. Sekretaris Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar mengungkapkan, sesuaiperubahan keempat Perda No. 2 Tahun 2011 tentang pajak sarang burung walet. Seiring perkembangan objek pajak, dan berlakunya undang-undang nomor 28 tentang pajak, ada objek pajak dari pusat diserahkan ke daerah seperti PBB pedesaan dan perkotaan, dan BPHTB. Dari sebelas objek pajak, sebagian besar sudah diberlakukan, dan sekarang ada tambahan.

“Sarang burung walet yang sudah ada potensinya di Kendari, hampir semua kecamatan, kecuali Poasia dan Abeli. Sehingga diusulkan ke DPRD untuk dimasukan ke dalam daftar wajib pajak, karena ini termasuk yang dimaksud dalam undang-undnag nomor 28, kalau kami tidak kelola, maka kita akan dikenakan penggelapan pajak dengan hukuman penjara dan denda,” terangnya saat sosialisasi pajak burung walet di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (27/11).

Dia mengimbau pengisaha walet untuk membayar pajak. Bisa langsung transfer ke kas daerah, tidak perlu bertemu pegawai BP2RD. “Kalau bayaran kurang, nanti akan disurati. Kalau lebih kita anggarkan kembali di APBD untuk digantikan, maka sebelum dibayar konfirmasi lebih dulu,” tuturnya. (hel/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy