Rusman-Rajiun Raih Penghargaan dari Menkeu : Muna-Mubar Target Lima Kali WTP – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Rusman-Rajiun Raih Penghargaan dari Menkeu : Muna-Mubar Target Lima Kali WTP

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna LM. Rusman Emba dan Bupati Muna Barat LM. Rajiun Tumada, dua putra Muna terbaik. Keduanya sama-sama getol membangun daerahnya. Mereka juga gesit menata keuangan dan aset daerah sehingga diganjar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sultra. Prestasi LM. Rusman Emba dan LM. Rajiun Tumada dalam laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2018 diapresiasi Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. Melalui utusannya, Sri Mulyani memberi penghargaan kepada Rusman Emba dan Rajiun Tumada.

“Kami berharap bisa sampai lima kali supaya penghargaan ini diterima langsung dari Presiden RI di Istana Negara. Makanya predikat WTP harus dipertahankan dua kali lagi,” ujar Arif Wibawa, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa saat mewakili Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyerahkan piagam penghargaan, Selasa (12/11).

Kedua pemimpin daerah itu menerima penghargaan pada waktu berbeda, Senin dan Selasa, kemarin. Bupati Muna LM. Rusman Emba menerimanya di Raha dan Bupati Muna Barat LM. Rajiun Tumada di Ibu Kota Mubar, Laworo. Apresiasi diberikan karena penyajian LKPD telah memenuhi empat hal yakni kesesuaian standar akuntasi dengan laporan keuangan, ketepatan pengungkapan informasi, efektifitas pengendalian internal dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan. Sertifikat penghargaan itu merupakan kali ketiga diraih dua daerah tersebut atas LKPD 2016, 2017 dan 2018.

Kini, Pemkab Muna dan Muna Barat diminta meningkatkan tata kelola keuangan agar berkontribusi pada sektor investasi dan pembinaan sumber daya manusia sesuai target APBN 2020. Sebagai pedoman, daerah diberi buku kajian fiskal regional. Arif menyinggung salah satu keuntungan meraih penghargaan predikat WTP ialah meningkatnya kepercayaan pemerintah pusat dan swasta terhadap daerah. Hal itu akan mendorong bertambahnya alokasi APBN maupun penanaman modal dari investor. Selanjutnya, kondisi itu akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi regional. “Kepercayaan itu ada kalau manajemen keuangan baik. Dibuktikan melalui WTP salah satunya,” urai Arif Wibawa.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy