Revitalisasi Kakao, Pemkab Kolut Anggarkan Pengadaan Pupuk Rp 14 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Utara

Revitalisasi Kakao, Pemkab Kolut Anggarkan Pengadaan Pupuk Rp 14 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Guna mengembalikan kejayaan kakao, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) setidaknya mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih Rp 14 miliar tahun ini untuk pengadaan pupuk. Penyubur tanaman itu dikhususkan bagi petani kakao yang terlibat dalam program revitalisasi mulai 2017-2018.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa mengatakan terus memperbaharui penerima dan calon penerima bantuan pupuk. Bagi mereka yang telah menerima bibit bantuan namun belum menanam tanaman itu jangan harap akan diberi. “Jadi yang telah menanam saja. Kalau belum yang kita pending jatahnya karena arah pemberian pupuk ini harus jelas,” tegasnya.

Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Nur Rahman Umar (duduk pegang bibit, kemeja hitam) saat acara penanaman perdana kakao.

Tahun 2020, pemberian bantuan pupuk akan dilanjutkan. Namun untuk bantuan bibit yang dibiayai APBN tidak kebagian. Pasalnya, bantuan yang diterima telah includ pupuk dan lainnya. “Bibit APBD untuk sementara masih pendataan saja dulu siapa yang sudah menanam dan belum karena kami target akhir November ini semua sudah tertanan karena masih tersisa 5-10 persen saja,” tuturnya.

Pupuk yang diadakan itu sambung Ismail, sapaan Ismail Mustafa, sebanyak enam jenis meliputi kategori organik, NPK, fungsida, herbisida, insektisida hingga POC. Ia berharap petani yang telah menanam dari penyaluran bibit 2017-2018 melapor. “Jadi, mambun sementara terus mengimput di lapangan untuk nama petani yang menanam periode 2019 itu. Kalau memang belum menanam jangan dicatat dulu karena kami harus pastikan semua bibit tertanam 100 persen tahun ini,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top