Rentan Penularan HIV AIDS, Dinkes Bombana Godok Aturan Penggunaan Silet Bekas – Kendari Pos
Bombana

Rentan Penularan HIV AIDS, Dinkes Bombana Godok Aturan Penggunaan Silet Bekas

KENDARIPOS.CO.ID — Penularan penyakit tidak hanya melalui sentuhan maupun udara. Penggunaan silet secara bergantian berpotensi menularkan penyakit. Bukan hanya penyakit kulit, namun juga virus mematikan seperti HIV AIDS dan hepatitis. Ironisnya, penggunaan silet secara bergantian sering terjadi.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit melalui penggunaan silet, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana mulai melakukan sosialisasi terutama kepada pelaku usaha salon dan pangkas rambut. Pasalnya, usaha ini sangat rentang menjadi jembatan atau pengantar penularan penyakit melalui silet bekas. Kepala Dinkes Bombana, dr. Sunandar mengaku intens melalukan edukasi kepada pelaku usaha salon dan pangkas rambut tentang bahaya penggunaan silet lebih dari sekali atau silet bekas. Sebab tanpa disadari, silet bekas dapat menjadi media penularan penyakit.

“Sosialisasi kita lakukan untuk memberikan pengertian bahwa penggunaan silet lebih dari sekali itu sangat berbahaya. Khususnya para konsumen dari pelaku usaha salon tersebut,” paparnya. Secara medis, tidak boleh menggunakan silet lebih dari sekali pada orang yang berbeda. Sebab hal ini berpotensi menularkan penyakit seperti HIV AIDS serta hepatitis juga penyakit kulit. Makanya, aturan kesehatan melarang penggunaan silet berulang-ulang. Untuk itulah, pihaknya akan membuat aturan khusus terkait penggunaan silet tersebut.

“Untuk saat ini, belum ada yang mengatur itu. Namun kini, kami sedang susun dasar hukumnya, dan sedang melakukan kajian ilmiah untuk penerapan pelarangan penggunaan silet bekas,” kata mantan Direktur RSUD Bombana ini. Ia menghimbau masyarakat Bombana, agar meminta tidak menggunakan silet bekas saat akan mencukur. Karena resiko sangat besar bila hal yang tak diinginkan terjadi. ” Konsumen punya hak untuk meminta kepada pemberi jasa cukur agar diakhir proses cukur menggunakan silet baru,” paparnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top