KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari yang terhitung sejak awal tahun hingga per 12 November 2019 mencapai Rp 1,14 triliun. Pancapaian tersebut sudah hampir mencapai target penerimaan tahun ini sebesar Rp1,23 triliun.
Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo mengungkapkan, adapun sektor tertinggi penyumbang penerimaan berasal pajak administrasi Pemerintahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar 28 persen. Kemudian pajak konstruksi 18 persen dan pajak transportasi dan pergudangan sebesar 10 persen .
“Untuk sektor lain yang menopang penerimaan pajak yaitu industri pengolahan 10 persen, pajak sektor perdagangan besar dan eceran 9 persen, pajak jasa keuangan dan asuransi 8 persen serta pajak pertambangan dan penggalian sebesar 8 persen,” ungkapnya, kemarin.
Sehubungan penyerapan anggaran pemerintah cukup besar tahun ini, Joko optimis, akan mampu mengejar target penerimaan pajak. Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan koordinasi dan sinergi dengan para stakeholder mulai dari pemerintahan, asosiasi, hingga akademis untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Laman: 1 2