Realisasi PAD Pemprov Sultra Sudah Rp 700 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipercaya akan menembus angka 100 persen dari target yang ditetapkan. Sepanjang Januari-Oktober, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra menyerahkan duit ke daerah senilai Rp 700 miliar. Kepala Bependa Sultra, Yusuf Mundu mengatakan per Oktober 2019 pihaknya sudah mengutip PAD 92 persen dari target Rp 778 Miliar. Angka ini merupakan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Yang paling signifikan kenaikannya adalah pajak kendaraan bermotor yang realisasinya naik 30 persen.

“Ini juga berkat pendampingan dari korsupgah KPK. Jadi kabupaten/kota banyak yang ketakutan. Makanya tunggakan pajak kendaraan dinas langsung ditebus,” jelasnya. Karena itu, Bapenda menaikan target PAD tahun 2020 di atas Rp 1 triliun. Tak heran, sebab tahun ini, Pemprov berkomitmen untuk mengefektifkan pajak air permukaan (PAP).

“Jadi modal kita itu marah dan melayani. Marah kalau ada salah, dan melayani kepada masyarakat, utamanya yang sadar pajak,” tambahnya. Tahun 2020, sejumlah OPD terlibat dan bekerjasama dalam urusan menggenjot PAD. Sementara KPK juga akan terus melakukan evaluasi berkala terhadap progres-progres penagihan piutang pajak. “Kita dievaluasi terus. Jadi kalau tahun ini Rp 800 miliar, tahun depan Rp 1 triliun. Selanjutnya naik lagi,” pungkasnya. (lyn/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *