Ratusan Hektar Lahan Persawahan di Bombana Gagal Panen – Kendari Pos
Bombana

Ratusan Hektar Lahan Persawahan di Bombana Gagal Panen

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Andi Nur Alam

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan hektare sawah yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Bombana mengalami gagal panen. Musim kemarau dan minim sarananya irigasi menjadi penyebab utama kondisi tersebut. Tiga wilayah meliputi kecamatan Lantary Jaya, Kecamatan Poleang Timur dan Poleang Utara. Ironisnya, tiga wilayah ini merupakan lumbung padi sawah terbesar di daerah ini. Dari hasil pendataan Dinas Pertanian Bombana, sekitar 378 hektar lahan persawahan mengalami kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Andi Nur Alam mengatakan musim kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir membuat lahan persawahan kering. “Gagal panen akibat debit air yang sangat kecil dan bahkan sebagian ada yang kering. Data ini sudah kami laporkan ke pemerintah provinsi,” ungkap Andi Nur Alam di Rumbia.

Secara teknis, Kepala bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Bombana, Syukur menyebutkan, dari tiga wilayah tersebut, Kecamatan Lantary Jaya mengalami gagal panen terbesar dengan jumlah 175 hektar sawah, 168 hektar di Kecamatan Poleang Timur dan 35 hektar lainnya terdapat di Kecamatan Poleang Utara.

“Jadi, sejak bulan september 2019 lalu mereka menanam dengan target panen sekitar 70 atau 80 hari, tapi hasilnya gagal karena kekeringan karena kebanyakan masih pakai sistem tadah hujan, khususnya di Lantary Jaya,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top