Raih Swasti Saba Wistara, Kota Kendari di Puncak Kasta Kota Sehat – Kendari Pos
Metro Kendari

Raih Swasti Saba Wistara, Kota Kendari di Puncak Kasta Kota Sehat

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari tak pernah sepi dari penghargaan berkelas nasional. Oktober lalu, Pemkot Kendari meraih Smart Sanitation Award Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) 2019. November ini, Pemkot kembali menggenggam kasta tertinggi penghargaan kabupaten dan kota sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Kasta tertinggi itu adalah Swasti Saba Wistara.

Swasti Saba adalah penghargaan di bidang kesehatan dari pemerintah RI yang diberikan untuk kabupaten dan kota yang berhasil menjadi daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat. Dengan raihan ini, Pemkot Kendari menambah deretan koleksi trofi kota sehat, mulai Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda dan Swasti Saba Wistara.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir diundang Kemenkes untuk menerima penghargaan Swasti Saba Wistara di Jakarta. Sulkarnain Kadir mengaku mendapat ucapan selamat dari Menteri Kesehatan, Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) dan Menteri Dalam Negeri, Jenderal Pol (Purn) Prof.Tito Karnavian. “Alhamdulillah tahun ini kita raih wistara. Wistara ini level tertinggi dari penghargaan kota sehat. Tadi saking senangnya, kita sempat jalan kaki,” ujarnya di ujung telepon selulernya saat dihubungi Kendari Pos, Selasa (19/11).

Kota Kendari menambah koleksi trofi kota sehat. Kota Kendari meraih kasta tertinggi Kota Sehat. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (berdiri,lima dari kiri) usai menerima sertifikat dan trofi Swasti Saba Wistara dari Kemenkes di Jakarta, Selasa (19/11). Tampak Kadis Kesehatan Kendari, drg.Rahminingrum (berdiri,lima dari kanan) dan Kepala Bappeda Kendari, Askar Mahmud (berdiri, enam dari kiri).

Selain mendapat sertifikat, Pemkot Kendari juga meraih trofi penghargaan Swasti Saba Wistara. Menurutnya, penghargaan Swasti Saba Wistara ini kali kedua diraih. Tahun 2017, Pemkot menerima award yang sama dari Nila Moeloek, Menteri Kesehatan kala itu. Itu artinya, Pemkot Kendari sukses mempertahankan raihan prestasi setiap dua tahunan itu. “Ini bukti dari konsistensi kita untuk terus berupaya memberikan yang terbaik pada masyarakat di sektor kesehatan,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Ketua DPD PKS ini menambahkan, penghargaan level tertinggi dalam penilaian Kota Sehat itu didedikasikan untuk seluruh ASN Pemkot dan warga Kota Kendari. Penghargaan itu tidak datang begitu saja, namun diraih atas kerja keras semua pihak. “Terima kasih untuk semua masyarakat, ASN, organisasi perangkat daerah (OPD) dan tim Kota Sehat, yang telah bekerja keras serta berkontribusi atas capaian ini. Semoga dapat terus dipertahankan, dan yang terpenting dirasakan oleh masyarakat,” tutup Sulkarnain Kadir.

Menkes, Terawan Agus Putranto berharap agar momentum pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat. Program kabupaten dan kota sehat (KKS) bertujuan agar tercapai kondisi kabupaten kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain. “Sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat,” ujar Terawan Agus Putranto seperti dikutip Wali Kota Kendari.

Penghargaan KKS ini adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005. Program KKS ini melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Untuk diketahui, Pemkot Kendari kini sudah punya Penghargaan Kota Sehat Kota Kendari lima koleksi penghargaan kota sehat.

Diraih sejak tahun 2011, kategori Swasti Saba Padapa. Lalu, tahun 2013, meraih kategori Swasti Saba Wiwerda. Tahun 2015, Pemkot meraih kategori Swasti Saba Wiwerda. Tahun 2017, Pemkot lagi-lagi meraih trofi kategori Swasti Saba Wistara. Tahun 2019, Pemkot Kendari meraih kategori yang sama, Swasti Saba Wistara dalam penilaian kota sehat. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy