Punya Alat Komunikasi, Napi Kendalikan Peredaran Narkoba – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Punya Alat Komunikasi, Napi Kendalikan Peredaran Narkoba

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak sulit bagi narapidana narkoba mengendalikan jaringan bisnisnya dari balik Lapas. Sekali telepon, kurir di luar segera bergerak mengantarkan paket kepada pembeli. Sekali telepon, kurir akan menyuplai narkoba ke Lapas. Semuanya diatur melalui handphone. Mereka menembus tembok terungku sambil mengatur peredaran narkoba.

Menurut Ketua Gerakan Anti Narkotika (Granat) Sultra, LM Bariun, peredaran narkoba yang dikendalikan dari balik Lapas terjadi akibat mudahnya para napi mengakses alat komunikasi (Alkom, handphone). Bariun menambahkan perangkat komunikasi sangat mudah masuk di Lapas. Dia menilai pengawasan di Lapas sangat lemah. Buktinya, setiap kurir yang ditangkap mengaku diarahkan oleh seseorang dari balik jeruji.

Ilustrasi

Pada sisi lain, BNNP dan Poda Sultra sudah sangat gigih memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Tapi justru bobol di balik Lapas Kendari. Bariun mengaku heran begitu mudahnya napi menggenggam alat komunikasi. Berbekal alat itu, para pengedali narkoba mudah mengatur anak buahnya di luar Lapas.

Misalkan mengendalikan para kurir dan pemain narkoba dari luar untuk membawa pasokan ke Provinsi Sultra. “Misalnya dengan menggerakan kurir dari luar untuk mengantar dan menjemput paket narkoba,”kata Bahriun kepada Kendari Pos.
Bariun meminta Kanwil Kemenkumham Sultra menekankan petugasnya untuk mengawasi ketat warga binaan.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt tidak menampik, peredaran narkoba tahun ini naik signifikan. Makanya polisi bekerja ekstra dan terus berupaya mempelajari pola-pola yang dilakukan para pelaku. Sindikat para pengendali Narkotika di Lapas Kendari, memang tak dapat disangkal. Pengendali dari balik Lapas sangat mudah mengendalikan kurir karena berbekal alat komunikasi (Alkom).

Dia menyarankan Lapas Kendari harus memperketat pemeriksaan agar handphone tidak mudah diselundupkan. Polda Sultra kata Goldenhardt terus berkoordinasi dengan pihak Kemenkumham Sultra dan BNNP untuk membahas masalah ini. “Yang paling utama adalah alkom. Inilah yang membantu mereka untuk bisa mengatur orang di luar,”tutur AKBP Harry Goldenhardt dalam sebuah kesempatan. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top