Proyek Jalan Toronipa Dilapisi Beton, Ali Mazi : Bisa Tahan Ratusan Tahun – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyek Jalan Toronipa Dilapisi Beton, Ali Mazi : Bisa Tahan Ratusan Tahun

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan proyek jalan wisata, Kendari-Toronipa terus digenjot. Wargen, teknologi robot pertama pengerjaan jalan beton digunakan untuk percepatan pembangunan proyek strategis yang digagas duet Ali Mazi-Lukman Abunawas. Sebelum menyeberang tahun, pengerjaan jalan sepanjang 3,1 kilometer ditargetkan tuntas.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi (kanan) saat memantau pekerjaan jalan Toronipa.

Gubenur Sultra Ali Mazi memantau pengerjaan jalan itu, Kamis (31/10). Ditemui di lokasi proyek, ia mengungkapkan, dengan lapisan beton, jalan wisata ini, diyakini dapat bertahan puluhan tahun, bahkan mencapai 100 tahun. Kata dia, beton setebal 35 centimeter ini akan dilapisi aspal. “Ini akan menjadi karya yang juga dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” tutur Ali Mazi.

Suami Agista ini optimis pengerjaan jalan wisata tak akan mengalami kendala berarti. Pembangunan fisik dan juga proses pembebasan lahan berjalan bersama. Untuk pembangunan tahap awal, jalan sepanjang 3,1 kilometer, ia optimis akan selesai sesuai dengan target, akhir Desember. Ali Mazi mengaku akan membuat sayembara konsep pengembangan kawasan wisata Toronipa. Ia ingin membuat Toronipa seperti mini Ancol. “Yang paling baik konsepnya akan kita berikan hadiah,” pungkasnya.

Foto bersama Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Dinas SDA dan Bina Marga, Abdul Rahim menuturkan progres pembangunan jalan Kendari-Toronipa terus dipantau. Ia meminta, rekanan bekerja dengan benar. Untuk menuntaskan pekerjaan ini sesuai waktu yang ditentukan, pihak perusahaan pemenang tender bekerja hingga pukul 00.00 Wita. Sejumlah tiang listrik yang sempat menghambat pengerjaan jalan telah dibereskan. Pihak PLN memastikan akan segera memindahkan tiang-tiang listrik yang dilalui pengerjaan jalan. Pembebasan lahan terus berjalan, ganti rugi sesuai dengan apa yang seharusnya didapatkan pemilik lahan.

Sementara itu, Ari, Project Manajer Perusahaan yang membangun jalan wisata, memastikan akan merampungkan pekerjaan sesuai target. Pengerjaan jalan ini menggunakan wargen, sebuah teknologi robot pertama untuk pembangunan jalan beton. “Dalam waktu sehari, robot ini bisa melakukan pembetonan hingga 200 sampai 300 meter. Jadi kalau seluruh lahan siap, sebenarnya proses pengerjaan jalan ini akan jauh lebih cepat dengan bantuan wargen ini,” ungkapnya PT. Pembangunan Perumahan. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy