Proyek Jalan dan RS Jantung : Pemprov Pinjam Duit 1,9 Triliun, Anggaran Cair April – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Proyek Jalan dan RS Jantung : Pemprov Pinjam Duit 1,9 Triliun, Anggaran Cair April

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran Pemprov terbatas untuk menuntaskan proyek stretegis. Karena itu duet Gubernur dan Wakil Gubernur Ali Mazi-Lukman meminjam duit dari swasta Rp 1,9 triliun untuk menyelesaikan proyek Jalan Wisata serta RS Khusus Jantung dan Pembuluh Darah. Anggaran itu akan dicairkan April dan paling lambat Juni 2020 mendatang. Plt. Kepala Bappeda Sultra, J. Robert mengatakan, inisiasi pinjaman ini sebetulnya telah dimulai sejak November 2018. Namun baru diupdate lagi pada Juli 2019. Sebab, masih ada data-data yang perlu diupdate kembali, seperti aspek terkait kebijakan.

“Jadi arah kebijakan dalam usulan November 2018 belum ada. Sehingga kita update kembali, dan berdasarkan rumusan kebijakan telah menjadi komitmen pemerintah untuk membangun daerah,” bebernya. Ia menerangkan total pinjaman yang disetujui DPRD Sultra mencapai Rp 1,250 triliun. Sedangkan yang diajukan sesuai rasio kemampuan pengembalian, daerah hanya mampu diberikan Rp 1, 195 triliun.

Plt. Kepala Bappeda Sultra, J. Robert.

Katanya, kebutuhan anggaran itulah yang diajukan sekarang dan sudah dalam tahap diterbitkannya pertimbangan Kemendagri. “Jadi nanti setelah kebijakan Kemendagri muncul, maka akan diajukan lagi ke Kemenkeu untuk pelampauan batas maksimal devisit. Setelah ini selesai maka kita akan kembali ke PT. Sarana Multi Infastruktur (SMI) untuk proses pencairan,”jelasnya. Duit pinjaman itu, kata dia, nantinya akan digunakan untuk membangun jalan sekira Rp 800 miliar. Sisanya sekira Rp 395 miliar untuk RS Khusus Jantung dan Pembuluh Darah. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy