Program Bersinar Tanggung Ribuan Siswa, Bupati Wakatobi Sukses Tekan Angka Putus Sekolah – Kendari Pos
Wakatobi

Program Bersinar Tanggung Ribuan Siswa, Bupati Wakatobi Sukses Tekan Angka Putus Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Wakatobi, Arhawi punya cita-cita mulia. Dia tak ingin warganya terbelakang karena tidak punya kesempatan mengenyam dunia pendidikan karena tak mampu secara finansial. Melalui program Wakatobi Bersinar yang terjabarkan dalam Pendidikan Bersinar, Arhawi mengalokasikan beasiswa untuk putra putri Wakatobi melalui APBD. Sejak tahun 2017 hingga kini, biaya pendidikan ribuan siswa hingga mahasiswa ditanggung Arhawi melalui kebijakan dan program unggulannya, Pendidikan Bersinar.

Murid SD dan SMP, program pendidikan bersinar disalurkan melalui Bantuan Siswa Miskin (BSM). Sedangkan untuk di perguruan tinggi hanya diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Tidak hanya meringankan beban orang tua peserta didik, program ini rupanya mengurangi angka putus sekolah di Wakatobi.

Bupati Wakatobi, Arhawi.

Tahun 2017, sebanyak 2.347 murid SD menerima BSM, pelajar SMP sebanyak 1.036 orang. Sementara di kalangan mahasiswa Strata Satu (S1) sekira 70 orang dan 15 orang dari Fakultas kedokteran serta empat orang dibiayai melalui MoU Pemkab Wakatobi dan salah satu universitas di Jakarta.

Tahun 2018, sekira 962 peserta didik menerima BSM. Tingkat SMP berjumlah 539 pelajar dan 306 mahasiswa (S1) berprestasi menerima beasiswa. 17 orang mahasiswa S2 dan Fakultas Kedokteran tercatat 15 orang serta melalui MoU ada dua peserta yang dialokasikan.
Bupati Wakatobi, Arhawi mengatakan program Pendidikan Bersinar sejatinya untuk meringankan beban para orang tua. Meski sekolah saat ini sudah gratis bukan berarti tak ada kebutuhan lainnya.

“Bantuan khusus BSM untuk membeli perlengkapan hingga seragam sekolah. Sementara untuk penerima beasiswa tentu untuk meringankan biaya kuliah. Alhamdulillah, banyak yang telah terbantu melalui program ini. Kita berharap kualitas pendidikan anak-anak kita semakin baik dan bila perlu tidak ada lagi anak di Wakatobi yang putus sekolah,” ujar Ketua KONI Wakatobi ini, Rabu (13/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakatobi, La Ali Wangi menguraikan tahun ini instansinya sudah menerima berkas calon penerima program Pendidikan Bersinar. Kini masih tahap verifikasi. “Sebanyak 1.111 untuk tingkat SD, tingkat SMP berjumlah 597 dan beasiswa mahasiswa sekira 500 orang. Semuanya masih tahap verifikasi,” ungkapnya. Hampir seluruh peserta didik SD dan SMP di Wakatobi telah terakomodir dalam program pendidikan bersinar. Apalagi ada juga program Indonesia pintar (PIP) melalui APBN. Sehingga Dikbud Wakatobi optimis sebelum lima tahun program ini berjalan, seluruh siswa kurang mampu di Wakatobi bisa menerima bantuan.

La Ali Wangi menjelaskan setiap tahun Bupati Wakatobi, Arhawi menganggarkan sekira Rp 2,5 miliar untuk Pendidikan Bersinar. Tahun 2017 lalu data yang dihimpun lembaga terkait ada sebanyak 3.561 peserta yang mendapat BSM dan beasiswa. Tahun 2018 berjumlah 2.182. Sementara tahun 2019 ini sudah ada 2.208 berkas yang sementara diverifikasi. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy