Politikus Perempuan Harus Lebih Berani – Kendari Pos
Politik

Politikus Perempuan Harus Lebih Berani

Dr Muh. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Munculnya sosok perempuan dalam setiap kontestasi pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada), sebenarnya menjadi daya tarik. Dalam undang-undang nomor 2 tahun 2008 pasal 2 tentang Partai Politik, sudah menegaskan, keterwakilan kaum wanita di pentas politik mencapai 30 persen. Dengan berpedoman pada undang-undang tersebut, wanita Indonesia harusnya punya peluang untuk ikut memeriahkan perhelatan lima tahun sekali.
Sayangnya, ada tantangan bagi kaum tersebut karena masih melekatnya budaya patriarki. “Kepercayaan pada laki-laki lebih besar dibanding wanita. Ini bisa dilihat pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Angka keterwakilan perempuan sedikit di 17 kabupaten/kota,” pendapat Muh. Najib Husain, Pengamat Politik di Sulawesi Tenggara.
Minimnya partisipasi wanita dalam kontestasi politik juga dapat dilihat pada Pilkada. Di Sulawesi Tenggara, jumlah figur perempuan yang mendaftarkan diri menuju Pilkada 2020 sangat sedikit. Yang mencuat baru nama Ilmiati Daud di Wakatobi, Andi Merya Nur dan Rahmatia di Kolaka Timur. Ketiganya diketahui maju sebagai calon Wakil Bupati.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy