Pilkada tak Langsung Bukan Solusi – Kendari Pos
Politik

Pilkada tak Langsung Bukan Solusi

Prof Eka Suaib & Dr Hariman Satria

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Prof Eka Suaib menilai, pemerintah harus mengkaji secara komprehensif wacana pengembalian pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kendati dibenarkan oleh UUD 1945, rencana ini harus memiliki landasan berpikir. “Jika ke DPR untuk memperkuat demokrasi perwakilan, dalam hal ini kepala daerah dipilih melalui lembaga representatif, maka sah-sah saja. Walaupun pemilihan langsung asasnya adalah menghargai suara rakyat,” ujar Eka Suaib saat dihubungi, Rabu (13/11).
Namun, lanjut dia, jika alasan yang digunakan untuk mengurangi biaya Pilkada, maka ada kekeliruan asumsi. Tidak ada garansi biaya Pilkada akan lebih rendah ketika dikembalikan ke lembaga legislatif. Justru yang terjadi hanyalah pergeseran biaya politik. Dari yang semula cost (biaya) disalurkan secara direct to people, beralih ke DPR melalui mahar politik. “Akan berputar di situ juga. Sehingga, pembahasan ini jangan masuk pada logika teknis. Ini bicara soal demokrasi. Nilai, filosofi, dan asas seperti apa yang mau dianut. Perdebatan ini harus digeser bukan hanya soal teknis melainkan substansinya,” terangnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy