Pilkada Langsung Dievaluasi Tahun Awal – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

Pilkada Langsung Dievaluasi Tahun Awal

Doli mengklaim, pada dasarnya Komisi II ingin melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap sistem politik dan Pemilu. Evaluasi ini juga merujuk pada poin kritik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yang mengkritik Pilkada langsung. Namun, Doli meminta, proses itu tak perlu dilakukan terburu-buru. Evaluasi atas sistem pilkada langsung harus dilakukan secara komprehensif, agar justru tak menjadi kemunduran demokrasi yang telah diterapkan di Indonesia.
“Karena kan harusnya kan dijalani dulu evaluasinya, dikaji dulu dimana sisi sisi positifnya, mana yang negatifnya, kemudian ada opsi-opsi apa aja yang muncul dalam evaluasi itu. Baru kemudian kita memutuskan kita mau opsi yang mana,” ujar Doli. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Presiden Joko Widodo menampung usulan pengembalian proses pemilihan kepala daerah (pilkada) ke DPRD. Hal tersebut menyusul wacana yang diutarakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang menilai tak semua daerah di Indonesia harus menjalani pilkada langsung.
Menurut Mahfud, usulan tersebut nantinya akan dibahas bersama. “Nanti dibahas semuanya, artinya semua ditampung dulu, semua ide ditampung. Posisi tadi kan KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang melapor. Kalau secara internal, nanti kita akan bicara,” ujar Mahfud, sebelumnya. (rep)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy