Pilkada Langsung Dievaluasi Tahun Awal – Kendari Pos
Politik

Pilkada Langsung Dievaluasi Tahun Awal

Ahmad Doli Kurnia

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi II DPR RI menjadikan sistem pemilihan umum (pemilu) sebagai prioritas evaluasi dan revisi. Revisi itu meliputi mekanisme Pilpres hingga Pilkada setelah dilakukan evaluasi pada sistem yang berlaku saat ini. Penegasan tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia. “Kami sudah sepakat bahwa itu menjadi prioritas tahun pertama, jadi kami berharap awal tahun 2021 itu semua UU yang berkaitan dengan penyempurnaan sistem politik termasuk di dalamnya kepemiluan itu kami mau selesaikan,” kata Doli di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (14/11).
Untuk mencapai target itu, Doli menyatakan, proses revisi itu akan dimulai tahun 2020. “Awal tahun 2020 masa sidang setelah reses kami akan mulai membahas revisi UU politik, khususnya pemilu,” ujarnya. Ia menyatakan, proses evaluasi dan revisi tidak akan memengaruhi pelaksanaan Pilkada 2020, yang akan tetap digelar secara langsung. Terlebih, tahapan Pilkada 2020 sudah mulai berjalan.
Doli menyebut, nantinya revisi sistem Pemilu itu akan berdampak pada UU lainnya. Misalnya, terkait wacana evaluasi Pilkada langsung yang menjadi perdebatan, maka revisi ini akan memengaruhi UU Pemerintahan Daerah. “Jadi satu paket semuanya akan kita selesai kan dan kita berharap ini awal kita memasuki implementasi demokrasi kita secara subtansial,” kata Politikus Golkar ini.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy