Pilkada 2020, ASN Konut Diingatkan Tetap Netral

Sebagai bentuk peringatan terhadap ASN, Bawaslu Konut telah mengeluarkan surat imbauan tentang netralitas ASN pada pemilihan bupati dan wakil bupati Konut tahun 2020. Surat bernomor 033/BAWASLU-PROV.SG-12/PM.00.02/XI/2019 itu diteruskan ke Sekretaris Kabupaten (Sekab), Kepala OPD, camat, lurah, kepala kantor, Puskesmas dan sekolah.

Penegasan netralitas ASN diatur dalam pasal 71 ayat 1 UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 terkait pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. “Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat ASN, anggota TNI/Polri, kepala desa atau sebutan lain. Dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan pasangan salah satu pasangan calon,” tegasnya.

Penegasan netralitas ASN juga tertuang dalam pasal 2 huruf f UU nomor 5 tahun 2015 tentang ASN, yang menyebutkan setiap pegawai tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tak memihak pada kepentingan siapapun. “Bila kemudian tetap ada temuan pelanggaran netralitas ASN, maka mekanismenya, Pengawas Pemilu akan melakukan kajian untuk diteruskan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) selaku lembaga yang berwenang merekomendasikan pemberian sanksi,” pungkas Abd. Makmur. (b/min)

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *