Perusahaan Luar Kuasai Proyek Besar di Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Perusahaan Luar Kuasai Proyek Besar di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Kemampuan perusahaan lokal di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai meningkat. Itu terlihat dari pemenang tender proyek skala kecil dan menengah didominasi perusahaan lokal. Sementara untuk skala besar masih dikuasai perusahaan luar atau BUMN. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Provinsi Sultra Rony Yakob La Ute. Kata dia, merupakan hal lumrah jika proyek besar itu selalu dimenangkan oleh BUMN. Karena itu menyangkut capability dan kelengkapan alat dan pendukung lainnya.

“Terlihat kalau skala besar rata-rata dari luar daerah, tapi kalau skala sedang dan kecil hampir 90 persen perusahaan dari dalam daerah,” katanya kemarin. Mantan Pj.Bupati Muba Barat ini menyebutkan, kategori tender besar itu didanai dengan anggaran di atas Rp 50 hingga Rp 100 miliar. Lanjut dia, dalam proses pemenangan tender sebenarnya, tidak ada istilah perusahaan lokal dan non lokal.

“Kalau penekanan untuk melibatkan UKM guna meningkatkan produk lokalitas dan produk dalam negeri itu poinnya ada. Di tender konstruksi dan konsultansi siapa yang memenuhi syarat teknis, administrasi, dan efisiensi harga sesuai yang ditetapkan oleh PPK, maka itu yang dimenangkan. tidak harus dia lokal atau luar,” tambahnya. Hanya saja, memang setelah diamati maka proyek skala besar itu biasanya yang menang perusahaan-perusahaan besar BUMN sementara yang BUMD tidak pernah,” pungkas mantan Plt. Kepala Bappeda ini. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy