Pengadaan Logistik Pilkada Gunakan E-Catalog – Kendari Pos
Politik

Pengadaan Logistik Pilkada Gunakan E-Catalog

La Ode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan 14 jenis logistik pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Untuk tujuan efisiensi, pengadaan semua jenis logistik tersebut direncanakan menggunakan katalog elektronik (e-catalog). Logistik yang dimaksud terdiri dari surat suara, tinta, segel, hologram, kotak suara, bilik pemungutan suara, sampul, formulir berhologram, formulir salinan, daftar pasangan calon (DPC), daftar calon tetap (DCT), template (alat bantu) tuna netra, panduan PPK dan KPPS, dan kabel ties untuk pengunci kotak suara.
“Ada dasar pertimbangannya. Selain untuk memangkas supply chain (rantai pasokan) sehingga lebih efisien, juga untuk memangkas prosedur pengadaan agar lebih efektif. Dengan e-catalog, bisa dilakukan pembenahan manajemen pengadaan logistik yang implikasinya mengurangi korupsi pada belanja pemerintah sekaligus meningkatkan efisiensi penggunakan anggaran,” beber Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir, Selasa (11/11).
Menurutnya, e-catalog memiliki banyak manfaat. Misalnya, proses pengadaannya bisa lebih cepat karena tidak perlu melalui tender. Ia menyebut, untuk pengadaan logistik yang diperlukan, jika melalui tender cepat, membutuhkan waktu sekurang-kurangnya tiga hari dan tender biasa sekurang-kurangnya 15 hari. Jika melalui katalog, begitu pemesanan disetujui penyedia, maka dapat langsung dilakukan pemenuhan barang. Proses pemesanan sampai dengan persetujuan dapat dilakukan hanya dalam waktu satu hari saja.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy